24 May 2018

5 Manfaat Jahe Merah untuk Diet

5 Manfaat Jahe Merah untuk Diet

Halodoc, Jakarta - Salah satu bumbu dapur yang sering dijadikan obat adalah jahe. Alasannya karena jahe memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kamu yang sedang diet. Sebab selain untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengendalikan nafsu makan, menguatkan fungsi metabolisme, dan membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh (detoksifikasi).

Salah satu jenis jahe yang efektif untuk mendukung diet adalah jahe merah. Dalam bahasa latin, jahe merah disebut Zingiber officinale var. Rubrum. Lantas, apa saja manfaat jahe merah untuk diet? Intip jawabannya di sini, yuk.

  1. Mengendalikan Nafsu Makan

Permasalahan terbesar orang diet adalah rasa lapar. Ini karena saat diet, beberapa orang akan membatasi atau mengurangi asupan makanan harian. Fungsi jahe merah di sini adalah untuk menekan nafsu makan, sehingga lambung akan terasa kenyang lebih lama.

  1. Mempercepat Pembakaran Lemak

Kamu bisa mengonsumsi air jahe merah hangat untuk membantu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin, setidaknya selama 3-4 gelas setiap hari. Apabila keringat keluar, kondisi ini akan membakar timbunan lemak di perut bersamaan dengan pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh.

  1. Melancarkan Fungsi Metabolisme Tubuh

Selain dikonsumsi dalam bentuk cairan, jahe merah juga bisa dicampurkan ke dalam masakan. Pasalnya, jahe merah bermanfaat untuk meningkatkan dan melancarkan fungsi metabolisme tubuh. Keadaan ini berkaitan erat dengan proses pembakaran yang lebih efisien.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

  1. Menambah Efek Termal

Efek termal adalah kemampuan tubuh untuk membakar lemak dan menjadikannya sebagai energi. Dengan rutin mengonsumsi air jahe hangat, maka efek termal juga akan semakin meningkat. Khasiat ini biasanya akan dirasakan setelah seminggu kamu mengonsumsi jahe merah.

  1. Melebarkan Pembuluh Darah

Jahe merah yang dikonsumsi setiap hari juga bisa berkontribusi dalam melebarkan pembuluh darah. Kondisi ini akan  memudahkan terjadinya efek termal di dalam tubuh dan melancarkan aliran darah, sehingga bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

Agar hasilnya maksimal, kamu perlu mengonsumsi jahe merah secara rutin. Kalau kamu punya pertanyaan lain tentang manfaat jahe merah, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.