11 August 2018

5 Manfaat Susu Murni untuk Kesehatan

manfaat susu murni

Halodoc, Jakarta - Susu murni adalah jenis susu yang kandungan nutrisinya masih seperti apa adanya, tanpa penambahan atau pengurangan apapun. Sebab, susu murni belum mengalami banyak proses pengawetan, seperti proses pasteurisasi atau UHT (ultra high temperature). Susu murni banyak digemari karena memiliki rasa yang bervariasi. Lantas, apa saja ya manfaat susu murni untuk kesehatan? Berikut ini jawabannya.

Baca juga: Salah Kaprah, Susu Kental Manis Ternyata Hanya untuk Pelengkap Sajian

1. Menjaga Tubuh Tetap Fit

Manfaat susu murni yang pertama adalah mampu menjaga sistem imunitas tubuh. Kandungan magnesium yang ada dalam susu murni bisa membuat jantung dan beberapa sistem saraf bekerja dengan baik. Magnesium juga berperan untuk mengatasi kelelahan atas aktivitas seharian yang sudah dilakukan.

2. Mengandung Banyak Nutrisi

Nutrisi yang terkandung dalam susu murni cenderung lengkap. Seorang nutrisionis asal Kanada memaparkan kandungan gizi dari susu sapi segar atau murni. Yakni memenuhi 31 persen kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh dan 8 persen kebutuhan vitamin A harian. Susu murni juga mengandung 276 miligram kalsium dan 149 kalori yang terdiri dari 7,9 gram lemak, 7,7 gram protein, 11,7 gram karbohidrat, dan bebas serat.

3. Mendukung Pembentukan Massa Otot

Susu murni mengandung protein dan sumber energi dalam bentuk lemak jenuh. Protein yang ada dalam kandungan susu murni bisa meningkatkan pertumbuhan massa otot dan memperbaiki otot yang mengalami kerusakan. Kandungan lemak jenuh dalam susu murni juga mampu mencegah penguraian massa otot yang akan digunakan sebagai energi.

4. Menambah Berat Badan

Manfaat susu murni selanjutnya adalah untuk menambah berat badan. Hal ini bisa terjadi, bila kamu baru saja menyelesaikan pengobatan kanker atau baru saja sembuh dari sakit yang membuat berat badan  menjadi turun drastis. Ini karena susu murni mengandung lemak dan kalori yang bisa membantu meningkatkan berat badan. Untuk mengonsumsinya, kamu perlu menambahkan susu dalam diet harian atau mencampurkannya ke dalam kopi atau makanan yang kamu konsumsi.

5. Mencegah Gigi Berlubang

Mengonsumsi susu secara teratur bisa mencegah pengikisan enamel gigi (lapisan luar gigi yang bisa dilihat). Susu murni juga bisa membantu membangun kembali enamel yang telah rusak. Sebab, enamel gigi sangat rentan terhadap asam dan penumpukan bakteri. Enamel bisa menjadi larut atau rusak jika terkena asam. Itu mengapa susu murni adalah pilihan terbaik untuk menangkal keasaman pada gigi yang disebabkan oleh bakteri. Perlu diketahui, kadar keasaman sendiri sering dijadikan indikasi penyebab gigi berlubang.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Atasi Masalah Gigi Berlubang

Itulah 5 manfaat susu murni yang sebaiknya kamu ketahui. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari susu murni asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Selain mencukupi kebutuhanmu dengan susu, sebaiknya, kamu juga menerapkan gaya hidup sehat dan secara rutin memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan menanyakan langsung pada dokter yang ada di Halodoc.

Melalui aplikasi kesehatan ini, kamu bisa berkomunikasi dengan dokter melalui pilihan komunikasi Chat, dan Voice/Video Call di fitur Contact Doctor. Kamu bisa memilih sendiri dokter yang ingin kamu ajak bicara apakah dokter ahli maupun dokter umum. Tunggu apalagi, ayo download aplikasi  Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: Salah Kaprah, Susu Kental Manis Ternyata Hanya untuk Pelengkap Sajian