5 Obat Alami untuk Ibu Hamil yang Alami Gejala Flu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mengatasi flu pada ibu hamil, flu, flu pada ibu hamil, obat alami untuk flu, atasi flu dengan bahan alami

Halodoc, Jakarta – Masa kehamilan terkadang membawa perubahan pada ibu. Banyak hal yang akan berubah, mulai dari perubahan fisik hingga perubahan kesehatan ibu. Ibu hamil biasanya akan lebih rentan terkena beberapa penyakit, salah satunya adalah flu.

Penyakit flu pada ibu hamil memang terkadang sangat mengganggu. Selain rasa sakit kepala yang kadang menjadi efek penyakit flu, terkadang badan mengalami demam. Padahal, sebaiknya ibu hamil menghindari demam.

Baca juga: Sariawan Tak Kunjung Hilang, Coba 5 Obat Alami

Ibu hamil juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan bayi dalam kandungan. Sebaiknya gunakan obat-obatan berbahan alami untuk mengatasi masalah flu pada ibu hamil. Berikut adalah obat alami yang bisa digunakan:

1. Jahe

Jahe nyatanya dapat menjadi obat alami yang bisa ibu gunakan untuk mengatasi masalah penyakit flu. Jahe dapat membuat pernapasan ibu jauh lebih lega dan menghindarkan ibu dari virus flu yang semakin menyebar. Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena, gingerol, mineral serta antioksidan alami yang memiliki manfaat untuk mengurangi gejala flu. Tidak hanya itu, asam amino dan mineral dalam kandungan jahe juga dapat melancarkan peredaran darah ibu hamil.

2. Madu

Mengonsumsi madu saat mengalami flu adalah cara yang tepat untuk ibu hamil. Ibu bisa mencampur madu dengan campuran minuman hangat lainnya. Misalnya mencampur madu dengan air jahe atau rebusan air kayu manis.

Madu mengandung sifat antibakteri di dalamnya, sehingga mampu mengobati virus flu dalam tubuh. Tidak hanya itu, madu juga mengandung antioksidan yang mampu melawan virus, bakteri dan jamur.

Tidak hanya untuk melawan virus flu, madu juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi yang ada pada madu adalah karbohidrat, protein, asam lemak, kalsium, asam folat, dan beberapa jenis vitamin.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu obat alami yang bisa ibu gunakan untuk mengobati penyakit flu saat hamil. Saat hamil, sebaiknya konsumsi satu buah bawang putih saja dalam satu hari. Bawang putih mengandung vitamin C dan mineral seperti selenium, enzim, dan senyawa sulfur yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit flu secara alami.

Nyatanya bawang putih dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, dapat digunakan sebagai antivirus, antibakteri, antioksidan, dan juga dapat melancarkan sistem pernapasan.

4. Lemon dan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin c dalam lemon dan jeruk nipis tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Vitamin C yang terkandung dalam lemon dan jeruk nipis nyatanya juga mengandung antibakteri. Maka dari itu, lemon dan jeruk nipis sangat berkhasiat untuk memulihkan kesehatan ibu hamil dari penyakit flu maupun batuk.

Namun perlu diperhatikan, ibu hamil yang memiliki penyakit lambung sebaiknya mencampur air lemon dan jeruk nipis dengan minuman hangat lainnya. Misalnya, ibu bisa mencampurkan perasa jeruk nipis atau lemon dengan madu.

5. Air Kacang Hijau

Air rebusan kacang hijau nyatanya banyak mengandung vitamin di dalamnya. Air rebusan kacang hijau dapat meningkatkan imun tubuh dan mencegah penyakit, salah satunya flu. Ibu bisa menambahkan sedikit susu atau sedikit gula alami untuk mendapatkan rasa yang manis. Konsumsi air kacang hijau saat masih hangat.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil

Jika penyakit flu tidak kunjung mereda, sebaiknya ibu diskusikan kondisi kesehatan dengan dokter. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung mengenai keluhan ibu selama masa kehamilan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!