02 May 2018

5 Olahraga untuk Bokong Kencang

5 Olahraga untuk Bokong Kencang

Halodoc, Jakarta – Salah satu latihan olahraga untuk mengencangkan bokong adalah squat. Bahkan hal ini dibenarkan oleh Dianne Skyesahli fisiologi dan olahraga di New York. Komposisi tubuh termasuk ukuran paha, lingkar pinggang dan pinggul, berat badan, lengan dan bokong menjadi tolak ukur kesehatan.

Pada bagian-bagian yang disebutkan tadi, alangkah lebih baik jika massa otot di sana lebih besar karena ototo membakar kalori lebih cepat dibanding jaringan lainnya. Sel-sel otot juga responsif terhadap insulin yang berhubungan dengan menurunnya risiko penyakit kardiovaskular. Selain dari segi kesehatan, memiliki otot kencang juga menjadi pendukung estetis bentuk tubuh. Berikut adalah beberapa olahraga untuk mengencangkan bokong yang bisa kamu aplikasikan. (Baca juga: 5 Olahraga yang Menambah Tinggi Badan)

  1. Yoga

Mungkin selama ini kamu mengira olahraga yoga hanya latihan fleksibilitas saja tetapi kalau kamu perhatikan ada beberapa pose yang bisa mengencangkan bokong. Beberapa pose tersebut adalah downward facing dog, dimana posisi pinggul naik ke atas dengan lengan sejajar bahu. Pose downward facing dog dapat mengembalikan otot pada posisinya dan mengencangkan bagian-bagian yang kendur.

  1. Bersepeda

Selain sebagai bentuk latihan kardio yang oke, nyatanya bersepeda juga menjadi salah satu olahraga untuk mengencangkan bokong. Ini terkait dengan posisi duduk dan gerakan mengayuh yang mengoptimalkan kerja paha, betis dan berkaitan dengan bokong. Salah satu kunci supaya latihanmu efektif adalah memainkan kecepatan kayuh dan memberikan penekanan pada kayuhan. Posisi badan saat mengayuh secara tak langsung membentuk badan dan menahan posisi bokong sehingga mengencangkan dan membentuknya.

  1. Zumba

Olahraga diiringi musik dan menari memang sangat menyenangkan untuk meningkatkan mood dan menghilangkan stres, zumba salah satunya. Selain sebagai alternatif olahraga yang membuat mood jadi lebih baik, zumba juga menjadi olahraga pilihan untuk mengencangkan bokong. Gerakan-gerakan enerjik pada zumba, menggoyangkan pinggul, mengangkat bokong dan menguncinya adalah latihan efektif untuk mengencangkan bokong.

  1. Inferno Hot Pilates

Salah satu bentuk olahraga untuk mengencangkan bokong yang lain adalah inferno hot pilates. Pada dasarnya latihan ini adalah paduan pilates dan kardio di suhu panas. Ada banyak gerakan yang melatih otot-otot terdalam di paha, bokong dan lengan. Sebagian gerakan adalah modifikasi dari squat namun dilakukan dengan cara yang cukup sulit seperti pengulangan beberapa kali, menahan selama beberapa menit untuk akhirnya dilakukan pengulangan kembali.

  1. Berenang

Berenang adalah olahraga yang dapat membantu memperbaiki ataupun membentuk postur badan. Gerakan mengayuh pada lengan dan paha memberikan latihan efektif untuk mengencangkan otot termasuk otot bokong. Kayuhan pada betis dan paha secara tak langsung memberikan latihan pada bokong dan membuatnya lebih ketat. Aktivitas yang dilakukan di dalam air membuat latihan ini juga minim cidera.

Beberapa cara lain untuk mengencangkan bokong adalah melalui asupan makan. Pilihan super food yang bisa kamu makan adalah makanan yang mengandung protein seperti ikan, tahu, tempe, telur dan daging. Untuk sayur-sayuran kamu bisa memilih bayam, kentang manis, brokoli serta pilihan asupan lainnya seperti yogurt, susu dan almond.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai olahraga untuk mengencangkan bokong ataupun makanan bernutrisi untuk menambah massa otot, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.