08 May 2018

5 Olahraga yang Tepat untuk Tuberkulosis

5 Olahraga yang Tepat untuk Tuberkulosis

Halodoc, Jakarta — Tuberkulosis adalah penyakit gangguan pernafasan yang merusak jaringan paru-paru. Penyebab tuberkulosis adalah adalah bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang paru-paru. Bagi pengidap tuberkulosis, berolahraga berat tidak memungkinkan untuk dilakukan. Saat keadaan sudah pulih, berikut ini adalah olahraga pilihan yang bisa membantu melegakan pernapasan.

  1. Berjalan

Berjalan adalah pilihan tepat, terutama jika kamu baru saja memulai. Untuk melakukan olahraga ini, kamu bisa melakukannya di mana saja, seperti di taman, mal, atau di pusat kebugaran dengan menggunakan treadmill. Kamu tidak perlu terlalu terburu-buru dalam melakukan olahraga ini. Mulailah dengan berjalan tidak terlalu jauh dan dengan kecepatan lambat. Namun begitu, tanyakan dahulu kepada doktermu jika ingin memulai program latihan ya.

  1. Bersepeda

Sepeda stasioner bisa bekerja dengan baik untuk melegakan pernapasan. Kamu bisa mengayuh sepeda di rumah dengan ritme lambat. Kemudian, kamu bisa melanjutkannya dengan bersepeda berkeliling di luar ruangan untuk mendapatkan udara segar dan menikmati pemandangan. Jika latihan membuat kamu sesak napas, berhenti dan duduklah selama beberapa menit sampai kamu merasa lebih baik.

  1. Forward Arm Raises

Untuk melakukan hal ini, cobalah untuk menahan beban di sisi tubuh kamu dan telapak tangan menghadap ke dalam. Tarik napas, lalu hembuskan napas perlahan saat kamu mengangkat kedua lengan lurus ke depan setinggi bahu. Tarik napas perlahan saat kamu menurunkan lengan. Gerakan ini bisa memperkuat lengan atas dan bahu. Buat dua set dengan 10-15 pengulangan.

  1. Latihanlah dengan Diafragma

Gerakan ini ditujukan untuk memperkuat otot pernapasan utama, yaitu diafragma. Caranya adalah berbaring dengan lutut ditekuk atau duduk di kursi, satu tangan di dada, dan satu di bawah tulang rusuk. Kemudian, secara perlahan tarik napas melalui hidung, sehingga perut membuat tangan terangkat. Buang napas dengan mengerutkan bibir dan kencangkan perut dan tangan di dada jangan bergerak. Lakukan ini selama 5 sampai 10 menit, tiga atau empat kali sehari. Gerakan ini akan melegakan pernapasan.

  1. Lakukan Tai Chi

Tai Chi adalah sebuah praktik kuno asal Tiongkok yang lembut dan mengalir. Olahraga ini sangat tepat bagi pengidap gangguan pernapasan. Tai Chi adalah latihan ringan untuk jantung dan paru-paru dan dapat membantu mengencangkan otot. Selain itu, olahraga ini juga bisa membuat kamu lebih rileks dan mengurangi stres.

Ini beberapa olahraga yang bisa dilakukan para pengidap tuberkulosis. Untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab tuberkulosis dan olahraga yang tepat bagi pengidap tuberkulosis, kamu bisa bertanya kepada para dokter favorit di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin atau obat, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.