18 February 2018

5 Peranan Penting Elektrolit Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui

5 Peranan Penting Elektrolit Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta – Elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang ada pada tubuh manusia. Elektrolit terdapat di dalam darah, keringat, air seni, dan cairan tubuh lainnya. Kadar elektrolit pada tubuh bisa berkurang yang disebabkan karena tubuh berkeringat secara berlebihan sehabis berolahraga atau disebabkanmuntah dan diare. Kondisi tersebut bisa menjadikan tubuh mengalami dehidrasi dan ketidakseimbangan mineral. Dalam kasus tersebut, cara mengatasinya tidak cukup bila hanya dengan minum air putih saja. Untuk mengembalikan kadar elektrolit di dalam tubuh, sebaiknya kamu perlu meminum minuman yang mengandung elektrolit agar tubuh kembali ke kadar air dan mineral yang normal.

Zat-zat yang disebut sebagai elektrolit, antara lain sodium, kalsium, bikarbonat, dan potasium. Setiap zat elektrolit tersebut memiliki fungsi masing-masing di dalam tubuh. Berikut adalah fungsi elektrolit bagi tubuh berdasarkan zat-zatnya:

Sodium (Na+)

Sodium berfungsi untuk membantu mengontrol cairan di tubuh kamu yang berefek ke tekanan darah, membantu fungsi otot dan saraf, serta membantu menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh kamu.

Kalsium

Fungsi elektrolit kalsium bagi tubuh adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi serta penting untuk pergerakkan impuls saraf dan pergerakan otot.

Klorida

Elektrolit yang satu ini berperan penting untuk pencernaan dan membantu menyeimbangkan keasaman pH tubuh kamu agar tetap sehat, dan menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh kamu.

Potasium

Fungsi elektrolit potasium adalah untuk membantu menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf, menjaga pertumbuhan tubuh yang normal, dan mengontrol keseimbangan asam-basa tubuh maupun menjaga kesehatan jantung.

Minum Minuman Elektrolit

Bila sehabis melakukan olahraga berat, tubuh biasanya akan kehilangan banyak cairan. Disarankan sehabis berolahraga untuk meminum minuman elektrolit, seperti minuman energi untuk mengembalikan cairan serta energi yang hilang.

Minumlah minuman elektrolit yang telah terdaftar di BPOM RI karena minuman tersebut sudah aman untuk dikonsumsi selama mengikuti saran penggunaan. Selain itu, komposisi minuman elektrolit tersebut telah disesuaikan sehingga tidak membuat kamu mengalami sakit perut.

Minuman elektrolit selain bisa dibeli di luar, kamu juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit dengan membuatnya sendiri. Minuman elektrolit buatan sendiri bisa dibuat dari campuran 1 liter air putih, 6 sendok teh gula pasir, dan ½ sendok teh garam. Dengan larutan elektrolit ini bisa membantu untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Pada umumnya, air putih cukup untuk menggantikan air yang telah hilang dari tubuh melalui keringat saat berolahraga. Namun jika kamu berolahraga lebih dari satu jam, minuman elektrolit lebih direkomendasikan untuk memulihkan kembali kadar air dan mineral dalam tubuh. Selain itu, minuman elektrolit juga mengandung karbohidrat yang berguna untuk memberikan tenaga dibandingkan air putih biasa.

Kadar elektrolit juga dapat berkurang bila kamu mengalami muntah atau diare. Sebaiknya untuk kondisi seperti ini, kamu bisa berdiskusi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi minuman elektrolit yang dijual di pasaran.

Untuk menanyakan perihal masalah kesehatan, kamu bisa berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc untuk mendapatkan solusi dari keluhan yang kamu alami. Lewat aplikasi Halodoc, kamu bisa berbincang soal kesehatan dengan dokter yang ahli dibidangnya. Interaksi bisa kamu lakukan dengan chat, call, atau video call. Selain itu, kamu juga bisa memesan obat langsung dengan  smartphone di aplikasi Halodoc yang bisa di download pada App Store atau Google Play.

Baca juga : 5 Rahasia Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit