14 February 2018

5 Pilihan Camilan Sehat di Hari Valentine

5 Pilihan Camilan Sehat di Hari Valentine

Halodoc, Jakarta - Hari Valentine memang sangat identik dengan cokelat. Bila di konsumsi dengan takaran yang tepat, si manis ini memang bisa menyehatkan tubuh. Namun, bagi kamu yang mulai bosan dengan cokelat, masih banyak kok camilan yang bisa kamu makan bersama pasangan di hari kasih sayang ini. Nah, berikut camilan menyehatkan yang bisa kamu cicipi di hari Valentine:

  1. Yogurt  & Kacang

Jika kamu bosan dengan yogurt, coba kombinasikan dengan kacang tanah atau mede yang dipanaskan sebentar di dalam oven. Agar rasanya lebih bervariasi, bisa ditambahkan dengan  chocolate chips ke dalam makanan bergizi dan lezat ini.

Yogurt mengandung bakteri  baik sehingga dapat menghilangkan mikroorganisme beracun di sistem pencernaan. Selain itu, kalsium di dalam yogurt dapat mengontrol pertumbuhan sel yang berlebihan dan produksi kanker asam empedu. Nah, bila dikonsumsi secara rutin  yoghurt juga bisa mengurangi risiko kanker usus besar. Tak hanya itu, menurut sebuah studi, seseorang yang rutin mengonsumsi yogurt juga cenderung memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lebih tinggi.

 

  1. Blueberry & Strawberry

Keduanya boleh jadi menjadi dessert untuk dinner romantis kamu bersama pasangan. Blueberry memiliki keistimewaan seperti membantu meningkatkan daya ingat jangka pendek. Buah rendah kalori ini juga bisa membantu memperlambat proses penuaan dan melindungi jantung terhadap berbagai penyakit. Selain itu, buah ini juga kaya akan  vitamin C yang bisa menjadi benteng pertahanan tubuh dari serangan flu, infeksi saluran kemih, bahkan kanker.

Sama halnya dengan blueberry, strawberry juga kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh. Namun, menurut sebuah penelitian buah strawberry menduduki peringkat tertinggi menyoal kandungan antioksidan. Departemen of Agirculture, AS, pernah melakukan sebuah percobaan terhadap ekstrak dari buah strawberry. Hasilnya cukup mengejutkan, karena ekstrak tersebut menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks maupun sel kanker payudara. Mengesankan, bukan?

 

  1. Anggur

Kamu bisa memilih anggur hijau, merah, atau hitam. Seperti warnanya yang beragam, buah ini juga memiliki banyak manfaat yang tersimpan di dalamnya. Anggur juga mengandung pelbagai nutrisi dan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Kandungan polifenol di dalamnya juga memungkinkan tubuh untuk mencegah penyakit kardiovaskular, mengurangi tekanan darah tinggi, dan meminimalkan risiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri).  Selain anggur, sebenarnya masih ada pula camilan bernutrisi lainnya yang bisa mencegah penyakit jantung.

Nah, bagi kamu yang selalu ingin tampi awet muda, anggur juga bisa menjadi pilihan alternatifnya. Buah ini dapat mencegah penyakit degeneratif, mengaktifkan gen panjang usia, dan membantu sel hidup untuk lebih lama. Selidik punya selidik, keistimewaan itu berkat kandungan resveratrol yang terkandung di dalamnya. Sebab kandungan ini mampu melindungi dan mengurangi peradangan serta meningkatkan sensitivitas kulit.

 

  1. Kurma & Almond

Buah kurma  kaya akan nutrisi. Sementara itu kacang almond mengandung banyak lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Paduan kedua bisa menjadi camilan menyehatkan untuk kamu dan pasangan di hari Valentine ini.  Kombinasikan kurma dan almond sehingga kamu bisa mencicipi camilan sehat yang sempurna.

Selain menjadi sumber energi, kurma juga baik untuk kesehatan tulang. Sebab buah ini mengandung jumlah mineral yang dapat menguatkan tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis. Di samping itu, buah dengan rasa manis ini   memiliki zat yang dianggap bermanfaat untuk pengembangan tulang seperti selenium dan magnesium.

 

So, kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai khasiat dari camilan di atas, kamu bisa lho bicara langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.