12 June 2018

5 Rutinitas yang Meningkatkan Kecerdasan Anak

meningkatkan kecerdasan anak

Halodoc, Jakarta – Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak ternyata bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana. Bahkan, membiasakan anak untuk melakukan beberapa rutinitas pun bisa membantu meningkatkan kecerdasan.

Kemampuan otak menjadi satu hal yang penting dan sangat memengaruhi tumbuh kembang Si Kecil. Untuk itu, sangat penting bagi orang tua memastikan anak mendapatkan stimulasi terbaik terutama yang berkaitan dengan otak. Selain asupan zat gizi yang cukup, ada beberapa aktivitas sederhana yang bisa orang tua terapkan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Apa saja?

(Baca juga: 5 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Kecerdasan Anak)

1. Membacakan Dongeng

 

 

Salah satu aktivitas yang baik dilakukan saat bersama anak adalah membaca. Ibu dan ayah bisa memilih untuk membacakan beberapa buku cerita rakyat atau legenda. Sebab jenis tersebut dipercaya dapat membantu merangsang imajinasi dan daya pikir Si Kecil.

Rutin mengajak anak membaca nyatanya dapat membantu membangun kecerdasan emosional dengan orang tua. Membaca juga akan memberi banyak pengetahuan baru bagi Si Kecil. Sering membacakan dongeng juga akan membantu memperkaya kemampuan berbahasa, serta minat membaca pun akan meningkat setelah anak dewasa kelak.

(Baca juga: 6 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak)

2. Bermain Alat Musik

 

 

Orang tua bisa mulai mengenalkan anak pada alat musik sejak dini. Yang sederhana saja, misalnya pianikan atau gitar mini. Setelah mengenal alat musik, minat anak untuk bisa memainkannya tentu akan meningkat pula. Namun jika minat anak tidak di situ, jangan memaksa. Orang tua tetap bisa mengajarkan Si Kecil untuk menjadi pendengar atau penikmat musik.

Pasalnya musik ternyata dapat membantu meningkatkan memori otak, kreativitas, kemampuan analisis, bahasa, perhitungan, kemampuan motorik dan lain-lain. Rutin mendengarkan musik dapat meningkatkan kinerja otak dan mempertajam kemampuan pendengaran.

3. Belajar Bahasa Baru

 

 

Selain mendapatkan pelajaran wajib dari sekolah, daftarkan juga Si Kecil untuk mengikuti kelas bahasa. Sebab mempelajari bahasa baru tidak hanya bermanfaat untuk komunikasi, tapi juga bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Mempelajari lebih dari satu bahasa dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, kemampuan menguasai dua atau lebih bahasa juga dapat meningkatkan memori dan daya ingat anak.

4. Olahraga

 

 

Rutin berolahraga dapat membuat otak menjadi lebih fokus dalam mengerjakan satu hal. Selain itu, hal ini pun akan meninngkatkan daya ingat, dan membuat otak lebih “bahagia” hingga terhindar dari stres. Untuk itu, penting membiasakan anak agar menyukai aktivitas fisik yang satu ini. Berolahraga pun dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menghindari terjadinya degenerasi otak.

(Baca juga: Anak Aktif Bisa Jadi Cerdas, Ini Penjelasannya)

Anak yang rutin berolahraga pun cenderung memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan tubuh yang lebih baik. Ternyata, ada hubungan antara tingkat kesehatan anak dengan kemampuan dalam berpikir. Jadi, sempatkan untuk selalu mengajak Si Kecil berolahrga setiap hari, ya!

5. Tidur Tepat Waktu

 

 

Salah satu hal yang harus diatur dan dibiasakan adalah jam tidur. Usahakanlah agar Si Kecil memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari. Hal itu akan mendukung aktivitas dan membuat tubuh anak mejadi lebih sehat. Dan lagi-lagi, kondisi ini akan berhubungan dengan tingkat kecerdasan serta kemampuan berpikir anak.

Nyatanya menjaga kesehatan adalah hal yang penting untuk merangsang kecerdasan anak. Kalau anak sakit dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja! Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat agar anak lebih cepat sembuh. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!