5 Tanda Kalau Kamu Hanya Menilai Seseorang dari Fisiknya Saja

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Tanda Kalau Kamu Hanya Menilai Seseorang dari Fisiknya Saja

Halodoc, Jakarta – Ada yang mengatakan don’t judge a book by its cover tapi sepertinya kebiasaan orang menilai orang lainnya dari tampilan fisik terjadi secara insting. Mata melihat baru hati merasa dan menilai secara keseluruhan mengenai pribadi seseorang. Baru dari situ timbul ketertarikan .

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Timothy Alan Judge, Ph.D pakar psikologi personal dan organisasi industri mengenai cara menilai seseorang dan pengaruhnya terhadap karier menunjukkan hasil yang mengejutkan.

Orang-orang yang bertubuh tinggi memiliki penghasilan lebih banyak hampir $800 per tahun ketimbang mereka yang berpostur pendek. Ini juga terjadi pada orang yang bertubuh gemuk, wanita tanpa makeup mendapat penghasilan yang kurang ketimbang mereka yang memiliki berat badan ideal.

Tanpa disadari orang-orang di sekeliling membuat keputusan berdasarkan penampilan orang lainnya dan pada kenyataannya kamu juga melakukan hal yang sama. Kalau kamu tidak ngeh, coba deh baca tanda-tanda kalau kamu hanya menilai seseorang dari fisiknya saja berikut ini.

  1. Kamu Cepat Berkomentar Ketika Seseorang Tampil dengan Gaya Nyentrik

Setiap orang tentu memiliki gayanya sendiri dalam berpenampilan. Tapi sebagian besar orang merujuk pada satu gaya busana yang sedang happening. Ketika ada satu atau beberapa orang yang tidak berbusana sesuai dengan zamannya, kamu merasa ada yang aneh dengannya dan menganggap itu sebagai sesuatu yang tidak umum. Mulailah kamu berkomentar dalam hati ataupun ke teman di sebelah mengenai dandanan si teman.

  1. Bau Badan juga Jadi Persoalan Bagimu

Tidak ada yang suka dengan bau badan dan kalau bisa memilih semua orang pasti inginnya menghindari orang yang berbau badan. Ini wajar sih, tapi tanpa disadari kamu memperlakukan orang yang berbau badan dengan cara yang  tidak santun. Misalnya, kamu menutup hidung ketika dia lewat bahkan karena persoalan bau badan tersebut kamu punya pandangan personal tentang orang tersebut.

  1. Lebih Senang Berteman dengan Mereka yang Populer

Disadari atau tidak kamu lebih senang mendekatkan diri dengan teman-teman yang populer dan punya pergaulan baik sehingga bisa meningkatkan image di lingkungan sosial. Kamu memiliki kecenderungan untuk menjaga jarak dengan yang teman-teman yang biasa saja, bahkan tidak mau terlihat jalan bareng dengan mereka. Secara tak langsung ini menunjukkan caramu menilai seseorang hanya lewat fisik saja.

  1. Menjaga Jarak Ketika Bertemu Orang-orang dengan Keterbatasan Fisik

Bisa dibilang poin ini sih yang cukup “kasar” di antara poin lainnya dari cara menilai seseorang dari fisik saja. Ada kecenderungan kamu menjaga jarak ketika berpapasan dengan orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik. Oke, mereka tampil tidak biasa, tapi tidak jadi alasan untuk menghindari mereka karena fisik yang tidak sama denganmu.

Ketimbang kamu kepo sendiri kenapa seseorang bisa punya kelainan fisik, ada baiknya kamu tanyakan langsung informasi tersebut ke Halodoc. Jadinya, kamu bisa punya pikiran positif dan lebih mengerti kondisi dan tantangan yang mereka hadapi. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  1. Gampang Suka dengan Lawan Jenis karena Penampilannya

Satu hal yang lebih jelas lagi dari cara kamu menilai seseorang adalah ketertarikan pada lawan jenis yang sebagian besar karena penampilan fisik. Kamu gampang mengiyakan kencan dengan seseorang karena mereka terlihat menarik secara fisik. Kemudian menyesal belakangan deh, setelah tahu kalau karakternya tidak sekeren fisiknya. (Baca juga Perbedaan Pola Jatuh Cinta Pria Vs Wanita)