16 July 2018

5 Tanda Payudara dan ASI Sehat

tanda payudara sehat, tanda asi sehat, kondisi payudara dan asi sehat

Halodoc, Jakarta – Mengetahui bagaimana bentuk, tekstur, serta perubahan apapun pada payudara adalah salah satu bentuk kesadaran kesehatan payudara. Mengetahui kondisi tidak sehat pada payudara di mana salah satunya adalah kanker payudara sedini mungkin dapat memungkinkan kamu untuk melakukan pengobatan pencegahan lebih cepat.  

Umumnya, gejala terjadinya kelainan pada payudara adalah bila ditemukan massa atau benjolan di area payudara. Berikut adalah tanda payudara sehat yang perlu diketahui.

  1. Tidak Ada Benjolan

Salah satu tanda paling nyata dari payudara sehat adalah tidak adanya benjolan di area payudara. Kamu bisa memeriksanya dengan melakukan perabaan di area sekitar payudara. Bila kamu melakukan perabaan dan tidak menemukan benjolan bisa dipastikan kondisi payudaramu sehat.

  1. Tidak Ada Perubahan Tekstur pada Kulit

Payudara yang sehat sejatinya tidak memiliki kerutan atau pun tekstur seperti kulit jeruk. Tekstur yang bisa dirasakan adalah berserat, baik pada area dada maupun putingnya. Biasanya, area dada sewarna dengan kulit, sedangkan warna puting lebih gelap.

  1. Ukuran Payudara yang Tidak Simetris

Kalau ukuran payudaramu tidak simetris tak perlu khawatir karena memang ukuran payudara kiri dan kanan berbeda. Biasanya, ukuran payudara yang tidak simetris ini terjadi saat masa ovulasi dan akan kembali pada ukuran yang semula setelah menstruasi. Ukuran tidak simetris ini adalah hal yang wajar, tetapi akan menjadi tanda tak wajar bila ukuran yang tidak simetris ini sangat berbeda sampai dua kali lipat dibanding sebelahnya.

  1. Tidak Terasa Nyeri

Tanda payudara yang sehat lainnya adalah tidak terasa nyeri saat diraba atau dipegang. Kalau kamu merasakan nyeri saat memegang payudara, ada kemungkinan payudaramu mengalami gangguan. Baca juga: Perlukah Pemeriksaan Kanker Serviks Sebelum Menikah?

  1. Warna Puting Senada Kulit

Puting payudara yang sehat adalah menonjol ke luar dan tidak melesak ke dalam. Kemudian, untuk wanita berkulit terang biasanya memiliki warna puting merah muda, sedangkan bagi yang berkulit gelap puting payudara akan berwarna kecokelatan.

Payudara yang sehat akan menghasilkan ASI yang sehat juga. Umumnya, ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau ASI sehat dan bergizi seperti:

 

  • Warna ASI

 

Sebenarnya, tekstur ASI baik encer maupun kental sama baiknya. ASI yang lebih kental biasanya keluar setelah detik-detik akhir menyusui, sedangkan ASI yang sedikit cair adalah ASI yang keluar di awal menyusui. Kekentalan ASI dipengaruhi oleh lemak. Baca juga: Kapan Usia Kehamilan Boleh Naik Pesawat?

  • Beraroma Manis

Dalam keadaan normal ASI akan berbau segar dan manis. Jika ASI berbau masam dan pahit, ada kemungkinan ASI tersebut sudah basi.

  • Kuantitas ASI yang Kurang

Salah satu tanda kalau ASI yang sehat adalah kuantitas yang cukup untuk bayi. Kalau ASI kurang, bisa jadi terjadi gangguan kesehatan yang harus diperiksa oleh ibu. Namun sebenarnya, menurunnya kuantitas ASI bisa dikarenakan oleh frekuensi menyusu bayi yang menurun. Hisapan bayi adalah rangsangan untuk tubuh ibu menghasilkan ASI lebih banyak.

Supaya ASI seimbang baik secara kualitas maupun kuantitas, perlu untuk mengonsumsi makan dengan dengan nutrisi tepat serta kalori yang sesuai dengan kebutuhan ibu.

Ingin tahu lebih banyak mengenai tanda payudara dan ASI sehat bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.