21 August 2018

5 Tips Aman Orgasme bagi Ibu Hamil

orgasme ibu hamil, tips aman orgasme

Halodoc, Jakarta – Kehamilan sering menjadi alasan banyak pasangan ragu untuk melakukan hubungan intim. Mulai dari alasan takut terhadap risiko, seperti keguguran, hingga karena merasa tidak nyaman. Pada dasarnya, kehamilan tidak lantas membuat kamu dan pasangan harus menghentikan aktivitas seksual.

Jika dilakukan dengan aman dan benar, tentunya pada waktu yang tepat, hubungan intim saat hamil malah disebut bisa memberi manfaat bagi kesehatan ibu maupun janin. Ketakutan paling besar yang membuat pasangan enggan melakukan hubungan saat hamil adalah karena takut membahayakan janin dan memicu terjadinya keguguran. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Melakukan hubungan intim, bahkan hingga mencapai orgasme memiliki manfaat sehat tersendiri bagi calon ibu. Kontraksi pada rahim yang terjadi saat orgasme umumnya bersifat ringan dan tidak berbahaya. Kendati demikian, untuk menghindari risiko tersebut. Ada baiknya hubungan intim baru dilakukan setelah usia kehamilan di atas 20 minggu atau pada trimester kedua.

Baca juga: 5 Aturan Berhubungan Intim yang Aman Saat Hamil

Orgamse pada ibu hamil bisa jadi menyehatkan karena adanya peningkatan aliran darah dari jantung menuju area genital dan panggul. Selain itu, hubungan intim dan orgasme selama hamil juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung menyerang selama kehamilan. Nah, agar lebih aman, perlu tahu nih 5 tips aman orgasme bagi ibu hamil! Apa saja?

1. Atur Posisi Terbaik

 

 

Saat sedang hamil, wanita mungkin akan merasa tidak nyaman berada dalam beberapa posisi tertentu, termasuk saat sedang berbaring. Untuk itu, jika kamu dan pasangan berencana melakukan hubungan intim, pastikan untuk mengatur posisi terbaik. Cobalah bereksperimen dengan berbagai posisi.

Cobalah segala posisi yang memungkinkan untuk melihat mana yang paling nyaman. Menjaga kenyamanan posisi saat melakukan hubungan intim adalah salah satu cara untuk memastikan dan menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Tidak perlu ragu dalam mencari posisi terbaik, karena janin sebenarnya tidak akan tersakiti. Sebab, bayi dilindungi di rahim oleh otot dan cairan ketuban. Agar lebih nyaman selama melakukan hubungan intim, jangan ragu untuk memberi tahu pada pasangan jika posisi dirasa tidak nyaman.

2. Jangan Lewatkan Foreplay

 

 

Foreplay dalam aktivitas seksual ternyata menjadi hal yang menyenangkan dan dapat membantu ibu tetap merasa tenang. Karena itu, sebaiknya jangan melewatkan tahapan yang satu ini. Malahan, kamu dan pasangan dianjurkan untuk berlama-lama dalam foreplay agar hubungan intim terasa lebih nyaman bagi ibu hamil.

Baca juga: 8 Fakta Seks Saat Hamil yang Perlu Diketahui

3. Banyak Pelumas

 

 

Kamu dan pasangan bisa memilih untuk menggunakan pelumas atau lotion untuk membuat hubungan intim menjadi lebih menyenangkan. Hal ini bisa membantu hubungan intim berjalan lebih nyaman dan menyenangkan bagi ibu hamil.

4. Bantal Tambahan

 

 

Merasa tidak nyaman dalam posisi tidur sangat wajar dan sering dirasakan ibu hamil. Untuk mengakalinya, kamu bisa menambahkan bantal untuk menjaga tubuh tetap nyaman. Menggunakan bantal tambahan bisa membantu ibu hamil merasa lebih nyaman dan tidak mudah pegal.

5. Perhatikan Waktu

 

 

Tips berikutnya agar hubungan intim selama hamil aman adalah pastikan melakukannya pada waktu yang tepat. Ibu hamil baru dianjurkan melakukan hubungan intim setelah usia kandungan menginjak 5 bulan. Namun ternyata, semakin mendekati waktu kelahiran, hubungan intim dianjurkan untuk lebih sering dilakukan. Pasalnya hal tersebut dapat membantu melancarkan proses persalinan.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Muda Melakukan Hubungan Intim Setiap Hari?

Jika kamu dan pasangan ragu dalam melakukan hubungan intim saat hamil, coba tanya pada dokter di aplikasi Halodoc saja. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips seputar hubungan intim dan menjaga kesehatan selama hamil dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!