05 December 2017

5 Tips Cegah Berat Badan Naik Saat Liburan

5 Tips Cegah Berat Badan Naik Saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Libur panjang sebentar lagi tiba. Selain jalan-jalan, menikmati pemandangan, dan belanja, salah satu kegiatan yang pastinya tidak bisa dipisahkan dari liburan adalah makan enak! Rasanya hampir tidak mungkin kamu bisa menahan diri untuk tidak mencicipi berbagai macam makanan enak yang kamu temui selama berlibur ke suatu tempat. Makan enak boleh saja, tapi jika kamu tidak ingin berat badanmu melonjak drastis sehabis liburan,  ikuti tips-tips berikut yuk.

Kebanyakan orang cenderung melupakan pola makan sehat, dan  malah mengonsumsi berbagai jenis makanan yang menggemukkan selama liburan. Kamu mungkin berpikir, “Ah, tidak apa-apa makan banyak selama liburan. Nanti setelah liburan selesai, baru mulai olahraga lagi untuk menurunkan berat badan.” Tapi tahukah kamu, menurut National Institute of Health seperti yang dikutip dari WebMD, bahwa kebanyakan orang tidak pernah menurunkan pertambahan berat badan yang mereka dapatkan selama liburan. Kamu tentunya tidak mau kan terperangkap dalam berat badan yang jauh dari ideal. Karena itu, simak dulu tips-tips berikut sebelum pergi berlibur:

  • Usahakan untuk Tetap Olahraga

Liburan seharusnya menjadi kesempatan untuk memulihkan tenaga, menyegarkan pikiran, dan rileks. Liburan bukan berarti kamu bisa beristirahat sejenak dari pola hidup sehat. Karena itu, usahakan untuk tetap berolahraga selama liburan. Jangan hanya bermalas-malasan di rumah, atau pergi makan dan noton bersama teman-teman.  Tapi luangkan juga waktu untuk pergi berolahraga ke tempat gym. Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu melakukan aktivitas fisik untuk mengisi waktu liburan, seperti hiking, out bond, dan lain-lain. 

  • Membatasi Porsi Makan

Mencicipi berbagai jenis kuliner yang kamu temui boleh-boleh saja, tapi sebaiknya tidak dalam porsi yang terlalu banyak. Cobalah berbagi satu porsi makanan berdua dengan temanmu. Selain lebih hemat, kamu pun bisa menjaga berat badanmu.

  • Jangan Biarkan Dirimu Kelaparan

Supaya kamu bisa menjaga napsu makanmu tetap terkontrol dan tidak melahap makanan apa saja secara rakus, kuncinya adalah jangan biarkan dirimu kelaparan. Kamu bisa menyediakan camilan sehat, seperti granola, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering untuk menahan rasa laparmu jika kamu belum sempat untuk makan ketika sedang berjalan-jalan menjelajahi suatu tempat.

  • Batasi Makanan Manis

Dessert yang berbentuk lucu, cappuccino dengan tambahan whipped cream, dan kue creamy yang lezat memang selalu menggoda untuk disantap. Tapi makanan manis adalah jenis makanan yang mudah membuat tubuh bertambah gemuk. Karena itu, batasi mengonsumsi makanan manis selama liburan dengan cara memilih makanan yang benar-benar kamu sukai dalam porsi kecil.

  • Hindari Terlalu Banyak Minum Minuman Beralkohol

Kebanyakan orang juga cenderung mengonsumsi minuman beralkohol lebih banyak pada saat liburan daripada hari-hari biasanya, entah itu ketika pesta maupun makan malam. Namun, alkohol adalah salah satu pemberi asupan kalori yang cukup besar selama liburan dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat menaikkan berat badan. Jadi, batasi mengonsumsi minuman alkohol selama liburan. Atau kamu bisa mengganti minuman alkohol dengan minuman bersoda.

Nah, selamat mencoba tips-tips di atas ya agar kamu dapat menikmati liburan tanpa perlu takut naik berat badan. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan selama liburan, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat membicarakan masalah kesehatan yang kamu alami dan meminta saran kesehatan melalui Voice/Video Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Halodoc juga memudahkanmu untuk membeli produk kesehatan dan vitamin yang kamu perlukan tanpa perlu keluar rumah. Kamu cukup order lewat aplikasi dan pesananmu akan segera diantar dalam satu jam. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.