01 August 2018

5 Tips Membuat Bekal Sekolah Anak yang Bergizi

tips bekal anak di sekolah, menu bekal di sekolah, menu bekal sehat dan bergizi

Halodoc, Jakarta – Selain hemat, menyiapkan bekal sekolah bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan asupan yang bergizi dan berkualitas untuk Si Kecil. Untuk menghindari bekal yang tidak dimakan oleh Si Kecil, berikut adalah tips-tips menarik untuk ibu saat akan membuat bekal sekolah.

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Makanan yang Ideal Sesuai Usia

1. Buat Menu yang Menarik dan Bergizi

Terkadang menu yang menarik belum tentu sulit untuk dibuat. Ibu bisa menggunakan kreativitas ibu untuk membuat menu yang menarik tapi simpel. Buatlah menu yang menarik dan berbeda setiap harinya agar anak semangat saat akan makan siang bersama teman-temannya di sekolah. Selain itu, jangan lupa asupan gizi yang ada pada bekal makan siang anak di sekolah. Siapkan sayuran, buah-buahan, atau makanan lain yang bergizi tinggi.

2. Jangan Terlalu Banyak dalam Porsi

Untuk lebih menarik perhatian Si Kecil saat makan siang di sekolah, ibu bisa menyiapkan beberapa makanan dalam satu kotak makan. Porsinya tidak perlu terlalu banyak. Jika isinya beragam, anak pun akan lebih tertarik untuk menyantap makanannya. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi bekal yang tidak habis dikonsumsi oleh anak.

Dengan porsi kecil, tentu anak akan lebih mudah untuk menghabiskan menu bekal makan siangnya. Dengan memberikan porsi terlalu banyak, selain tidak habis, terkadang makanan bisa tercampur satu dengan yang lain. Sehingga, penampilannya tidak menggugah selera makan Si Kecil. Jadi, usahakan beri porsi sesuai takaran anak, ya!

3. Hias Bekal Anak dengan Bentuk yang Menarik

Tidak ada salahnya ibu mencoba menghias bekal anak di sekolah dengan bentuk-bentuk yang menarik. Misalnya membuat nasi berbentuk hati atau bunga. Selain itu, ibu juga bisa membuat telur menjadi bentuk yang unik. Dengan begitu, anak akan lebih tertarik untuk mencoba makan siang dengan teman-temannya. Sesekali buatlah nasi kepal dengan isi sayuran yang bergizi agar anak tidak bosan dengan bentuk nasi yang itu-itu saja.

4. Buatlah Sayur dengan Bentuk yang Lain

Tidak sedikit anak yang memilih untuk tidak menghabiskan sayur yang ibu bawa untuk bekalnya. Untuk menghindari ini, ibu bisa membuat sayur dengan bentuk lain. Misalnya membuat sayuran menjadi nugget sayur atau bakso sayur. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk mencoba sayur. Anak juga akan terhindar dari bau dan rasa khas sayuran yang selalu dihindari anak-anak.

5. Buat Jadwal dalam Seminggu

Untuk menghindari makanan yang membosankan untuk anak, tidak ada salahnya ibu membuat daftar menu makanan yang akan dibawa anak ke sekolah selama seminggu. Dengan perencanaan yang matang, tentu bekal sekolah anak akan lebih bervariatif dan menarik. Ingat, tidak perlu makanan yang terlalu sulit. Ibu bisa sajikan makanan yang menarik dan bergizi untuk bekal Si Kecil sekolah.

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Terbaik untuk Sarapan

Tidak ada salahnya ibu berdiskusi dengan anak untuk bekal yang akan dibawa ke sekolah selama satu minggu ke depan. Dengan begitu, anak akan lebih bersemangat untuk makan bekal yang sesuai dengan keinginannya. Jika ibu mempunyai pertanyaan seputar menu bekal sekolah anak yang bergizi, ibu bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!