13 June 2018

5 Tips Mencegah Penularan Kanker Serviks

Kanker serviks, mencegah kanker serviks, penularan kanker serviks

Halodoc, Jakarta - Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah tumor ganas yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Cara utama mencegah kanker serviks adalah dengan menghindari penularan HPV. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks:

  1. Berhubungan Seksual dengan Aman

Penularan HPV umumnya terjadi akibat hubungan seksual yang tidak aman. Jadi, kalau kamu tidak yakin dengan riwayat medis pasangan, sebaiknya gunakan kondom saat berhubungan seksual.

  1. Setia pada Pasangan

Bergonta-ganti pasangan seksual bisa meningkatkan risiko penularan HPV. Bahkan, wanita yang hanya memiliki satu pasangan seksual tetap berisiko tertular HPV jika pasangannya memiliki pasangan seksual lain.

  1. Rutin Pap Smear

Pap smear berguna untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker. Tes ini dilakukan untuk memeriksa kesehatan leher rahim (serviks). Bagi wanita yang pernah berhubungan seksual dan berusia 25-49 tahun, disarankan untuk rutin menjalani pap smear setiap tiga tahun sekali. Sedangkan untuk wanita yang berusia 50-64 tahun, disarankan untuk rutin melakukan pap smear setiap lima tahun sekali.

  1. Vaksinasi

Salah satu cara untuk melindungi wanita dari infeksi HPV adalah dengan melakukan vaksinasi. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko kanker serviks. Sebaiknya, vaksin HPV ini diberikan pada wanita yang belum aktif secara seksual agar hasilnya optimal. Meskipun sudah mendapatkan vaksinasi HPV, jangan lupa juga untuk tetap rutin melakukan pap smear.

  1. Berhenti Merokok

Pada perokok aktif, sistem kekebalan tubuh cenderung melemah sehingga mereka rentan mengalami berbagai penyakit infeksi, termasuk HPV. Jadi, salah satu cara untuk mencegah penularan HPV adalah dengan berhenti merokok.

Itulah lima tips mencegah penularan kanker serviks. Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar kanker serviks, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!