04 June 2018

5 Tips Mencegah Sariawan

5 Tips Mencegah Sariawan

Halodoc, Jakarta - Meskipun termasuk penyakit ringan, sariawan bisa saja mengganggu aktivitas. Selain membuat kamu sulit makan, sariawan juga bisa membuat kamu tidak nyaman berbicara karena rasa nyeri yang ditimbulkannya.

Penyebab Sariawan

Secara umum, sariawan memang tidak menular. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencari tahu penyebab dan cara mencegah sariawan. Berikut adalah beberapa penyebab sariawan:

  • Perubahan hormon saat hamil.
  • Riwayat trauma atau luka pada rongga mulut. Misalnya saat bibir atau lidah tergigit ketika mengunyah, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau menyikat gigi terlalu keras sehingga mengenai gusi.
  • Daya tahan tubuh melemah. Seringkali, sariawan muncul saat kondisi tubuh kamu kurang fit. Jadi, pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan istirahat, serta mengelola stres agar tubuh selalu fit.
  • Kekurangan vitamin dan nutrisi. Kekurangan vitamin B12, vitamin C, asam folat, atau zat besi dapat memicu timbulnya sariawan.
  • Infeksi bakteri atau virus tertentu. Jika kebersihan rongga mulut tidak terjaga dengan baik, maka, kamu rentan mengalami infeksi bakteri dan virus (misalnya virus herpes) penyebab sariawan.

Tips Mencegah Sariawan

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sariawan:

  • Hindari makanan yang dapat mengiritasi mulut. Misalnya makanan seperti kacang, keripik, makanan berbumbu tajam, dan buah-buahan yang asam seperti nanas atau jeruk.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi. Misalnya dengan makan makanan yang bervarasi, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, serta mengonsumsi suplemen vitamin khusus.
  • Jaga kebersihan rongga mulut, yaitu dengan rutin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Bersihkan gigi secara menyeluruh dan lembut dengan pasta gigi. Agar hasilnya optimal, kamu bisa berkumur dengan obat kumur khusus yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate setelah menyikat gigi.
  • Perbanyak minum air putih. Mulut yang kering dapat memicu terjadinya sariawan. Jadi, usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari.
  • Hindari gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan stres. Ini karena stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh mudah terserang penyakit, termasuk sariawan.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mencegah sariawan. Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar sariawan, gunakan Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.