16 May 2018

5 Tips Menurunkan Berat Badan Selama Berpuasa

5 Tips Menurunkan Berat Badan Selama Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang sudah bertekad menurunkan berat badan tapi tidak kunjung terlaksana, bulan ramadan ini bisa menjadi momen yang tepat untuk mewujudkan berat badan yang ideal. Namun, bukan tidak mungkin puasa membuatmu malah mengalami kenaikan berat badan. Nah, agar saat puasa kamu bisa sambil menurunkan berat badan, berikut ini terdapat beberapa trik yang dapat kamu ikuti agar perjuanganmu menurunkan berat badan selama puasa dapat berhasil:

  1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Siapa tidak tergiur akan manisnya es buah dan makanan manis lain yang tersedia di meja makan saat berbuka puasa? Meski terlihat lezat, makanan dengan kadar gula tinggi tersebut berbahaya bagi kamu yang sedang menjalankan diet. Apabila kamu mengonsumsi banyak makanan dan minuman manis, tubuhmu akan menyimpan gula tersebut menjadi lemak. Inilah sebabnya, dietmu bisa gagal jika banyak mengonsumsi gula berlebih. Saat sahur dan berbuka, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menghasilkan energi, misalnya dari buah-buahan, sayur, dan nasi merah. (Baca juga: Pengidap Diabetes Harus Jaga Jarak dari Makanan Manis)

  1. Perbanyak Konsumsi Protein dan Serat

Makanan yang mengandung protein dan serat akan membuatmu kenyang lebih lama. Pasalnya, makanan tersebut akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan diserap tubuh. Kamu pun akan merasa lebih aman karena kelebihan kalori tidak akan menumpuk di tubuh dan berubah menjadi lemak. Mengganti makanan berkarbohidrat tinggi dengan makanan kaya serat dan protein juga akan menekan nafsu makanmu dan mencegah rasa lapar. Sehingga, saat berbuka nanti kamu tidak akan makan secara berlebihan.

  1. Hindari Kembali Tidur Setelah Sahur

Bangun pagi untuk makan sahur awalnya memang terasa berat dan membuatmu mengantuk. Namun, untuk menghindari penumpukan lemak dan menaikkan asam lambung, sebaiknya kamu tidak tidur lagi. Kamu dapat melakukan olahraga ringan untuk melancarkan pencernaan sambil menunggu waktu salat subuh. Kamu bisa menggeser waktu tidur tersebut dengan cara tidur lebih awal saat malam. Selain mencegah kamu begadang, tidur cepat akan menghindarkanmu dari stres dan menjaga kesehatan jantungmu.

  1. Cukupi Kebutuhan Air

Meski sedang berpuasa, kamu harus memastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik. Meminum air putik yang cukup juga ternyata ampuh mengindarkanmu dari keinginan makan makanan manis saat berbuka. Kamu dapat memenuhi asupan air minum dengan meminum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas dari waktu makan malam menjelang tidur. Selain dari meminum air putih, asupan air juga bisa kamu dapatkan melalui buah-buahan segar, seperti semangka, jeruk, nanas, dan masih banyak lagi.

  1. Tetap Olahraga

Berolahraga saat menjalankan puasa mungkin terasa berat, tetapi ini adalah cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan, lho. Sebab, lemak di tubuh akan semakin mudah terbakar menjadi energi saat perutmu dalam keadaan kosong. Jadi usahakan berolahraga dua jam sebelum berbuka puasa, lakukan di tempat yang teduh, dan jangan dilakukan saat siang hari. Apabila ini masih terasa berat, kamu dapat sekadar berjalan-jalan, bersepeda, atau membersihkan rumah. (Baca juga: 4 Tips Olahraga di Bulan Puasa)

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar menurunkan berat badan selama puasa, kamu bisa bertanya pada dokter. Untuk bicara pada dokter, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Selain itu, kamu juga bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat dan Voice/Video Call. Jadi, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!