24 April 2018

5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

Halodoc, Jakarta – Yoga memiliki banyak manfaat yang signifikan untuk kesehatan fisik dan ketenteraman jiwa. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Complementary Therapies in Medicine menyebutkan kalau yoga 90 menit yang dilakukan 2-3 kali seminggu dapat mengurangi depresi berat.

Di era sekarang yang sudah semakin sadar akan pentingnya manfaat olahraga, yoga menempati salah satu aktivitas fisik yang disenangi dan merupa menjadi bermacam-macam gaya. Ada baiknya sebelum mencoba yoga, kamu memerhatikan tips sebelum yoga yang dipaparkan di bawah ini. (Baca juga: Makanan yang Boleh Dimakan Sebelum dan Setelah Olahraga)

  1. Tentukan Jenis Yoga yang Mau Kamu Coba

Yoga memiliki banyak aliran dan masing-masingnya memiliki perbedaan dari segi teknik dan pengaplikasiannya. Ada acro, vinyasa, hatha, yin-yang dan bikram yoga. Acro yoga adalah yoga berpasangan yang berprinsip pada beban tubuh dan keseimbangan, sedangkan vinyasa lebih kepada gerak dinamis, mengalir dan freestyle.

Hatha yoga lebih kepada membangun kekuatan dan keselarasan tubuh dan pikiran. Sementara yin-yang mengarah kepada gerak keseimbangan sehingga setiap kali melakukan satu postur, kamu akan melakukan postur yang sebaliknya. Bikram yoga berbeda dibanding jenis yoga lainnya di mana bikram memiliki 26 pose yoga di suhu 42 derajat selama 90 menit. Masih banyak jenis-jenis yoga lain yang lebih kontemporer, hingga yoga yang diringi musik.

  1. Jangan Makan Makanan Berat

Sama seperti olahraga lainnya, sebelum melakukan yoga sebaiknya kamu tidak makan makanan berat seperti nasi ataupun makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Akan ada banyak gerakan yang membuat kamu harus memosisikan kepala di bawah, mengangkat kaki serta gerakan-gerakan fleksibel lainnya yang bakalan susah dilakukan kalau perut terlalu penuh.

  1. Jangan Lupa Bernapas

Seringkali orang yang baru pertama kali mencoba yoga menahan napas saat melakukan pose. Sejatinya tips paling sederhana melakukan yoga adalah selalu bernapas, sesulit apapun pose yang dilakukan. Dengan senantiasa bernapas kamu tetap dapat menyuplai oksigen yang pada akhirnya memberikan energi untuk menyelesaikan pose-pose. Bernapas sembari tetap melakukan pose dapat melatih pernapasanmu semakin kuat meski dalam kondisi oksigen menipis.

  1. Ekspektasi Tidak Usah Terlalu Tinggi

Jangan menyangka kamu akan menguasai semua pose yang baru dicoba dalam sehari. Bukan tak mungkin sih, tapi hanya beberapa orang saja yang bisa sempurna melakukan semua pose padahal baru mencobanya sekali. Kalau kamu tergolong fleksibel dan sering melakukan olahraga yang dinamis serta energik seperti zumba, bisa jadi kamu lebih mudah mengikuti pose-pose yoga. Sejatinya tips sebelum yoga yang perlu kamu sadari adalah, yoga bukan tentang pose yang sempurna tetapi bagaimana menyelaraskan tubuh dan pikiranmu.

  1. Lakukan Rutin untuk Hasil Maksimal

Ingin mendapatkan hasil yang maksimal hanya dengan sekali dua kali latihan saja tentu mustahil. Kamu perlu rutin melakukan olahraga yoga setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. Fleksibilitas tidak akan didapat dalam beberapa kali latihan. Butuh kontinuitas untuk mencapai hasil maksimal. Bayangkan saja kalau tubuh tidak digerakkan selama beberapa lama, pastinya akan kaku. Demikian juga ketika kamu menghentikan latihanmu, badan yang semula fleksibel akan kehilangan kelenturannya.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai olahraga yoga dan tips sebelum yoga, atau olahraga yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.