27 February 2018

5 Tips untuk Merawat Bibir Meski Pakai Lipstik Tiap Hari

5 Tips untuk Merawat Bibir Meski Pakai Lipstik Tiap Hari

Halodoc, Jakarta – Sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan The New York Times beberapa waktu lalu mengungkapkan 81 persen wanita di Amerika Serikat tidak pernah keluar rumah tanpa menggunakan lipstik. Sedangkan, 40 persennya lagi menggunakan lipstik sebagai daya tarik visual untuk mengokohkan karier mereka. Sayangnya, seiring penggunaan yang rutin tersebut, wanita justru sering mengabaikan cara merawat bibir yang baik untuk kesehatan, bukan cuma estetikanya saja.

Kalau mengintip sejarah ke belakang, diketahui bahwa wanita-wanita Mesir punya treatment khusus untuk merawat bibir dan bagian-bagian wajah lainnya. Khususnya lipstik yang digunakan untuk menunjukkan strata sosial. Tak segan, para wanita Mesir terdahulu bahkan menghaluskan serangga ataupun permata untuk mewarnai wajah termasuk bibir.

Studi psikologi yang dilakukan untuk membaca perilaku nenek moyang zaman dulu juga menemukan fakta unik. Para wanita kala itu, menghias wajah untuk menarik perhatian lawan jenis serta keberlangsungan keturunan. Dan uniknya, mewarnai bibir tak luput dari misi tersebut.

Di era modern sekarang, ada banyak alasan kenapa wanita menggunakan lipstik. Seiring dengan penggunaan rutinnya dan produksi lipstik yang semakin beragam jenisnya, kebutuhan ini diiringi juga efek samping yang membuat para wanita harus ekstra hati-hati menggunakan lipstik. (Baca juga Waspada 3 Lip Balm yang Dapat Merusak Bibir)

Mulai dari dampak kecil seperti bibir yang menghitam karena jarang membersihkan bibir sebelum tidur sampai produk lipstik yang mengandung bahan berbahaya seperti timbal. Di tahun 2007, Campaign for Safe Cosmeticsp pernah melakukan deteksi timbal pada 31 lipstik dan ditemukan 61 persennya mengandung timbal.

Timbal adalah logam berat berbahaya buat tubuh. Apalagi terserap akan menyebabkan kerusakan susunan saraf, jumlah sel darah merah menurun, disfungsi ereksi dan bahaya lainnya. Penting buat kamu untuk lebih detail aware mengenai ingredients dari lipstik yang dibeli sebelum menggunakannya. Untuk itu, yuk simak tips merawat bibir buat kamu yang setiap hari menggunakan lipstik.

  1. Membersihkan Sisa Lipstik

Membersihkan sisa lipstik adalah hal yang sering disepelekan wanita. Bisa jadi karena malas atau menganggap sisa lipstik di bibir bukan sesuatu yang mengganggu, jadinya yah terlewatkan deh! Padahal, sisa lisptik dapat menyatu dengan lapisan bibir kering sehingga membuat bibir menghitam. Alasan lain juga, tidak dianjurkan membiarkan kulit mati di bibir menumpuk.

  1. Rajin Scrubbing Bibir

Ini dilakukan untuk mengangkat sel-sel mati yang masih menempel meski sudah dibersihkan saat cuci muka atau mandi. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti campuran madu dan gula lalu menggosokan perlahan ke bibir.

  1. Menggunakan Pelembab

Rutin menggunakan pelembab ke bibir dapat menjaga kelembaban alami bibir dan membuat bibir tampil sehat dan warna lipstik tetap tahan lama sehingga kamu tidak perlu mengaplikasikan berulangkali.

  1. Teratur Minum Air Putih

Salah satu cara natural merawat bibir lainnya adalah dengan minum air putih secara teratur. Kurang minum air putih dapat menyebabkan bibir kering, sehingga ketika kamu menggunakan lipstikpun jadinya menggumpal dan tidak merata. Jadi, pastikan asupan air putih kamu terpenuhi, ya.

  1. Makan Sayur dan buah-buahan

Sepertinya sayur dan buah-buahan memang tidak pernah absen buat kamu yang ingin menjalani hidup sehat termasuk merawat bibir. Kandungan Vitamin A, B, C dan E dapat menjaga kelembaban kulit dan bibir dari dalam. Buah jeruk, apel dan pepaya paling bagus untuk kulit.

Buat kamu yang punya kebutuhan mendesak untuk membeli vitamin bibir atau produk kesehatan lainnya tapi sedang posisi tidak bisa pergi kemana-mana, bisa tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.