• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Ucapan Orang Tua Yang Menyakiti Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Ucapan Orang Tua Yang Menyakiti Anak

7 Ucapan Orang Tua Yang Menyakiti Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Februari 2022
7 Ucapan Orang Tua Yang Menyakiti Anak  7 Ucapan Orang Tua Yang Menyakiti Anak

“Pertumbuhan anak dapat dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya faktor psikologis, seperti perkataan yang orang tua ucapkan pada anak. Mungkin sering tidak disadari orang tua, terkadang perkataan atau ucapan tertentu dapat menyakiti anak. Jika anak merasa sakit hati akibat ucapan orang tua, maka perkembangan psikologisnya pun bisa terganggu.”

Halodoc, Jakarta - Sebagai orang tua, apa yang dilakukan dan diucapkan di sekitar atau langsung pada anak dapat meninggalkan dampak yang bertahan lama. Terkadang orang tua sering tidak sadar, seberapa pun tidak tepatnya perilaku anak, tapi menghakiminya dengan ucapan dapat menyakiti anak. Memilih kata yang tepat saat berbicara pada anak merupakan bagian dari pola asuh anak.

Penting bagi setiap orang tua berhati-hati dalam memilih kata saat berbicara pada anak. Ungkapan yang digunakan saat berbicara dengan anak (atau bahkan di sekitar mereka), tidak hanya mencerminkan betapa tidak amannya dunia. Namun juga memengaruhi keyakinan yang mereka kembangkan tentang dunia. Sehingga anak pun merasa tidak ada tempat aman dan nyaman baginya, bahkan orang tuanya sendiri. 

Ucapan yang Tidak Seharusnya Dikatakan Orang Tua pada Anak

Terdapat beberapa faktor pertumbuhan pada anak selain faktor fisik yang mesti diperhatikan. Salah satunya yaitu faktor psikologis, seperti perkataan yang orang tua berikan kepada si kecil. Oleh karena itu, hindari perkataan atau kalimat yang mempunyai dampak negatif bagi psikologis anak. Berikut adalah ucapan orang tua yang menyakiti anak:

1. "Ini bukan urusan anak kecil..."

Pada masa pertumbuhan, anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan ingin mencoba sesuatu yang baru, sehingga wajar jika ia selalu ingin tahu. Jika ada masalah yang tidak seharusnya tidak ia ketahui, sebaiknya berikan penjelasan dengan cara yang benar dan tidak menekankan kalau mereka masih kecil. Bicara dengan cara yang lembut dapat membuat anak mengerti. 

2. "Dasar anak nakal..."

Hindari mengucapkan kalimat negatif kepada anak Anda, seperti "dasar kamu anak nakal !" Cobalah ganti perkataan tersebut dengan kalimat yang lebih halus dan positif.

3. "Nanti Ayah/Ibu tidak sayang lagi!"

Mengancam sang buah hati dengan kalimat tidak sayang lagi kepada mereka, juga merupakan salah satu ucapan yang akan berdampak negatif bagi psikologis anak. Mereka pun dapat mengingat kalimat ini hingga mereka menginjak usia dewasa.

4. "Kenapa sih anak Ibu seperti ini?"

Pada umumnya kalimat ini terlontar karena orang tua sedang merasa kesal pada anak. Anak yang sudah bisa berpikir secara kritis, sehingga akan mengira bahwa kita sebagai orang tua menyesal telah memiliki anak seperti dirinya. Anak  pun tentunya akan merasa tidak diterima dengan baik di dalam keluarga.

5. Membandingkan dengan anak lain

Seringkali orang tua melakukan perbandingan antara adik dengan kakak, maupun dengan teman bermainnya. Meskipun terlihat tidak begitu penting, tapi hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri anak. Padahal rasa percaya diri adalah modal utama untuk perkembangan psikologis anak di kemudian hari, hingga anak bertumbuh dewasa.

6. “Kamu kok bodoh banget sih…!”

Ketika orang tua menyebut anak dengan cara yang menghina, maka itu bisa membuat anak frustasi dan menyakiti hati anak. Begitu kata “bodoh” keluar, anak cenderung memblokir semua hal yang yang dikatakan dan hanya akan mengingat bahwa “aku bodoh”. Ucapan ini tidak hanya berdampak negatif pada suasana hati, harga diri, dan kepercayaan diri anak. Kondisi ini juga dapat merusak hubungan dan membuat anak cenderung tidak melakukan apa yang orang tua inginkan sejak awal.

7. “Mama/ papa kecewa sama kamu…”

Kata-kata ini sering diucapkan kepada anak-anak di saat perilaku mereka sudah kelewatan. Namun, membuat anak merasa bertanggung jawab atas kekecewaan orang tua hanya menambah rasa sakit hati Si Kecil. 

 Itulah beberapa ucapan yang harus dihindari orang tua agar anak tidak sakit hati. Menjadi orang tua memang sangat menantang, tapi bagaimanapun orang tua tidak bisa berhenti belajar mengasuh anak. Tidak ada salahnya mencari teman diskusi mengenai pola asuh anak. Bertanya pada psikolog anak di aplikasi Halodoc bisa jadi pilihan untuk berdiskusi tentang pola asuh anak loh. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

 

Referensi:
Redbook. Diakses pada 2022. 60 Things You Should Never, Ever Say to Your Kids
Fatherly. Diakses pada 2022. The 9 Words Parents Should Never Say to Their Kids
Parents. Diakses pada 2022. 10 Things You Should Never Say to Your Kids