28 May 2018

6 Alasan Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah

6 Alasan Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah

Halodoc, Jakarta – Kurang tidur ternyata bukan menjadi satu-satunya penyebab kamu selalu merasa lelah, lesu, lemas, dan kurang bersemangat. Bahkan, meskipun kamu sudah cukup istirahat, kamu tetap merasa kelelahan ketika bangun keesokan paginya.

Padatnya aktivitas kamu setiap hari sudah pasti akan membuat tubuh kamu lelah. Belum lagi jika harus lembur dan begadang, yang artinya akan mengurangi waktu istirahat malam kamu. Meski begitu, ternyata masih ada berbagai alasan mengapa tubuh kamu selalu merasa lelah, berikut beberapa di antaranya:

Konsumsi Junk Food Berlebihan

Pernahkah kamu memperhatikan dengan lebih teliti apa saja yang kamu konsumsi saat sedang beraktivitas? Apakah kamu sudah mengonsumi makanan bergizi? Apakah kamu sudah memenuhi asupan nutrisi tubuh harian setiap harinya? Atau apakah kamu selalu memilih menu cepat saji untuk menghemat waktu?

Makanan cepat saji atau junk food mengandung banyak kalori. Meski begitu, sebagian besar kalori dari makanan ini berupa lemak trans yang justru tidak mampu tercerna dengan baik oleh tubuh. Inilah mengapa kamu tidak merasa bertenaga setelah mengonsumsinya.

(Baca juga: 5 Tips Agar Tak Mudah Kelelahan Saat Bekerja)

Selalu Melewatkan Sarapan

Harus berangkat terlalu pagi hingga melewatkan sarapan? Kamu mungkin perlu memikirkannya kembali. Sarapan memiliki peran yang amat penting sebagai sumber tenaga. Tak hanya itu, melewatkan sarapan akan membuat kamu mudah mengantuk dan sulit untuk berkonsentrasi. Tak heran kalau kamu akan kalap saat makan siang.

Asupan Cairan yang Tidak Terpenuhi

Alasan selanjutnya mengapa tubuh kamu selalu merasa lelah adalah kamu tidak memenuhi asupan cairan harian tubuh. Padahal, air merupakan komponen utama yang berfungsi sebagai transportasi energi pada tubuh. Kurangnya cairan dalam tubuh akan membuat metabolisme tidak bisa bekerja dengan baik. Saat tubuh kekurangan cairan, semua bagian tubuh tidak akan mendapatkan cukup energi untuk bekerja, terutama otak.

Jarang Berolahraga

Rutin berolahraga akan membuat kamu lebih berenergi. Tubuh juga akan terasa lebih segar, bugar, dan bebas dari rasa lelah. Oleh karena itu, sempatkan berolahraga akhir pekan atau setiap pagi sebelum kamu pergi bekerja. Tak perlu olahraga berat, cukup dengan bersepeda, jogging, atau berjalan kaki selama 30 menit.

Saat kamu berolahraga, sirkulasi darah dan proses metabolisme dalam tubuh akan meningkat. Ini akan membantu setiap bagian sel tubuh untuk memperoleh energi. Inilah mengapa kamu tidak boleh melewatkan olahraga.

(Baca juga: Mudah Lelah Saat di Bawah Sinar Matahari, Mengapa?)

Terlalu Stres

Tubuh lelah tak selalu disebabkan karena banyaknya aktivitas yang kamu jalankan. Bisa jadi, kamu terlalu banyak pikiran sehingga rentan mengalami stres dan depresi. Oleh karena itu, jangan terlalu memikirkan sesuatu yang belum terjadi. Rasa khawatir yang berlebihan justru akan menimbulkan beban pikiran berlebih, membuat otak kamu bekerja lebih keras. Sebaiknya, ceritakan masalah yang kamu alami pada orang terdekat agar beban kamu sedikit berkurang.

Tidur Berlebihan

Kurang tidur dan terlalu banyak tidur sama-sama membuat tubuh kamu merasa lelah. Tubuh memiliki waktu maksimal tidur selama 8 jam pada malam hari. Tidur lebih lama di akhir pekan untuk membayar waktu tidur saat hari kerja tak lantas membuat tubuh kamu kembali segar dan bugar. Justru, kamu akan mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh, seperti tulang punggung dan bahu.


Itu tadi beberapa alasan mengapa tubuh kamu selalu merasa lelah meski tak banyak aktivitas yang kamu lakukan seharian. Mulai sekarang, coba terapkan pola hidup sehat supaya kamu tak merasa lelah sepanjang waktu. Jangan lupa konsumsi vitamin C agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Jika tak sempat membelinya, kamu bisa pakai layanan Apotek Antar di aplikasi Halodoc. Dalam waktu satu jam, semua obat dan vitamin kamu akan diantar ke tujuan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!