17 June 2018

6 Cara Berkendara Sehat Saat Mudik

cara berkendara sehat, tips berkendara sehat,

Halodoc, Jakarta – Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi kebanyakan orang menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saat melakukannya, ada beberapa risiko yang mungkin terjadi, termasuk macet dan kecelakaan di jalan. Ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain cara berkendara yang kurang sehat saat mudik. Misalnya bermain gadget sambil berkendara, tidak mematuhi peraturan lalu lintas, serta berkendara dalam keadaan mengantuk dan lelah.

Untuk meminimalkan risiko kecelakaan, berikut enam cara berkendara sehat yang bisa diterapkan saat mudik:

  1. Periksa Kondisi Kendaraan

Cara berkendara sehat yang pertama adalah memeriksa kondisi kendaraan guna mencegah kerusakan teknis yang bisa menyebabkan kecelakaan. Bagian mobil yang perlu diperiksa, yakni air radiator,  tekanan angin ban, ketebalan tapak ban, minyak rem, dan oli mesin.

  1. Hindari Gadget Saat Berkendara

Bermain gadget saat berkendara seringkali menjadi penyebab kecelakaan di jalan. Oleh sebab itu, kamu perlu menghindari gadget saat berkendara. Jika ingin menggunakan gadget, misalnya untuk mengangkat telepon atau membalas pesan penting, kamu perlu menepi keluar dari jalan. Atau, jika ingin menggunakan peta digital (maps), kamu bisa meminta orang lain dalam satu kendaraan untuk meantau dan memandu perjalanan.

  1. Istirahat Jika Lelah dan Mengantuk

Berkendara lama tak jarang menguras tenaga sehingga membuat kamu lelah dan mengantuk. Jika memaksakan diri, berkendara saat lelah dan mengantuk justru bisa membahayakan kamu dan penumpang lainnya. Lebih baik istirahat sejenak di rest area atau posko mudik terdekat sebelum kamu melanjutkan perjalanan.

Baca juga: 4 Cara Atasi Pegal Saat Mudik

  1. Patuhi Aturan

Peraturan lalu lintas dibuat untuk mencegah kecelakaan di jalan. Jadi, pastikan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dimana pun kamu berkendara.

  1. Jangan Ngebut dan Ugal-ugalan di Jalan

Berkendara pada kecepatan tinggi (ngebut) dan ugal-ugalan sangat tidak disarankan. Sebab, hal ini bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. Jadi, pastikan kamu berkendara sesuai dengan aturan batas kecepatan dan tidak ugal-ugalan demi keselamatan bersama.

  1. Ikuti Arus Lalu Lintas dan Jaga Jarak Aman

Yang tak kalah penting dalam menerapkan cara berkendara sehat adalah mengikuti arus lalu lintas dan jaga jarak aman. Jika kamu ingin berpindah jalur, lakukanlah di momen yang tepat dan tidak mendadak. Sebab jika dilakukan mendadak, ini bisa membuat mobil di belakangnya mengerem dan mengakibatkan arus tersendat. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa jarak antar kendaraan sangatlah penting untuk menghindari salah satu mobil yang mengerem mendadak.

Itulah enam cara berkendara sehat saat mudik. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar menjaga kesehatan saat mudik, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.