• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Memanjangkan Rambut Agar Lebat Secara Alami

6 Cara Memanjangkan Rambut Agar Lebat Secara Alami

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan kaum Hawa ingin memiliki rambut yang panjang dan sehat. Namun, ada beberapa wanita yang memang terlahir dengan rambut tipis dan butuh waktu lama untuk memanjangkannya. Nah, jika kamu berencana untuk memanjangkan rambut, simak cara memanjangkan rambut secara alami berikut ini, yuk.

  1. Potong Rambut Jika Bercabang

Jika ujung rambut rusak atau bercabang, kamu perlu segera merapikannya. Misalnya dengan melakukan perawatan rambut ke salon atau memotong ujung rambut yang bercabang. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat.

  1. Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Ketika panjang rambut mulai tanggung, beberapa orang akan mengikatnya supaya tidak mengganggu dan berantakan. Kamu boleh-boleh saja melakukannya, asalkan tidak terlalu sering. Sebab, terlalu sering mengikat rambut (misalnya dikuncir kuda) justru membuat rambut rentan patah. Maka dari itu, jangan terlalu sering mengikat rambut ya agar rambut bisa tumbuh secara sehat.

  1. Keramas Rutin, Bukan Setiap Hari

Jika dilakukan setiap hari, sampo yang digunakan saat keramas bisa mengurangi minyak alami yang dhasilkan oleh rambut. Oleh sebab itu, kamu tidak disarankan untuk keramas setiap hari. Sebaiknya, lakukan keramas 2-3 kali seminggu.

  1. Pijat Kulit Kepala dengan Sikat Rambut

Untuk merangsang pertumbuhan rambut, kamu bisa memijat kepala dengan sikat rambut setiap malam. Caranya cukup dengan menyikat rambut ke seluruh kulit kepala sekitar 15 menit. Lakukanlah secara perlahan dari pangkal rambut hingga ke ujung agar minyak alami bisa tersebar merata.

  1. Gunakan Penutup Kepala

Paparan sinar UV matahari bisa memengaruhi kesehatan rambut. Alasannya karena sinar ini bisa merusak dan mengeringkan rambut. Maka dari itu, kamu disarankan untuk menggunakan penutup kepala jika sering beraktivitas di luar ruangan.

  1. Rawat Rambut dengan Hati-hati

Jika kamu senang menggunakan produk rambut (seperti gel, serum, hair spray, dan lainnya), jangan lupa untuk membersihkan rambut agar produk tersebut tidak menggumpal dan merusak rambut. Selain itu, kamu tidak disarankan untuk menggunakan alat yang panas pada rambut (seperti hair dryer, blow dryer, dan lainnya). Alasannya karena alat tersebut bisa membuat rambut kering dan menghambat pertumbuhan rambut.

Itulah enam cara memanjangkan rambut yang bisa kamu coba. Lakukanlah secara rutin agar hasilnya bisa maksimal. Kalau kamu punya pertanyaan lain tentang cara memanjangkan rambut, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi ini, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tanda Rambut sudah Perlu Dipotong