11 April 2018

6 Cara Mengenalkan Olahraga pada Anak

6 Cara Mengenalkan Olahraga pada Anak

Halodoc, Jakarta – Mengenalkan olahraga pada anak sedari dini secara tidak langsung dapat membantu perkembangan mental dan fisik anak. Olahraga tidak hanya melatih motorik anak tetapi mengenalkan kepada kerja-sama tim, semangat pantang menyerah dan menyelesaikan apa yang dimulai sampai selesai.

Laurie Zelinger, Ph.D psikologi anak klinis dari Cedarhurst, New York mengatakan betapa pentingnya olahraga karena bisa mengajarkan anak-anak mengenai keterampilan hidup seperti disiplin, motivasi, komitmen dan kerja-sama. Olahraga juga bisa menjadi pelepasan buat anak untuk menyalurkan energi dan daya kreasinya secara lebih positif. Ada beberapa cara mengenalkan olahraga pada anak yang bisa dicoba oleh orangtua.

  1. Mengajak Anak Bermain di Taman

Walaupun olahraga penting untuk dilakukan oleh anak tapi jangan sampai anak merasa tertekan melakukannya. Salah satu cara mengenalkan olahraga pada anak dengan cara yang fun adalah mengajak anak bermain ke taman di luar rumah. Ada banyak aktivitas di taman, begitu juga anak-anak lainnya.

Untuk mengetahui minat anak, orangtua bisa membebaskan anak bermain di taman dan memilih permainannya sendiri. Dari situ orangtua dapat tahu kecenderungan permainan seperti apa yang disenangi anak dan membiarkan anak memulai interaksinya sendiri.

  1. Jadikan sebagai Rutinitas

Sama seperti olahraga yang dilakukan oleh orang dewasa, mengenalkan olahraga pada anak juga semestinya dilakukan secara rutin, lho. Jadikan kebiasaan, sehingga anak mulai merasa aktivitas luar kalian sebagai kebutuhan. Luangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk mengajak anak bermain di luar.

  1. Selingi dengan Aktivitas Luar Lainnya

Untuk mengetahui minat anak yang sesungguhnya orangtua harus membiarkan anak untuk mencoba beberapa aktivitas fisik. Jangan hanya bermain di taman saja, cobalah mengajak anak ke kegiatan lain seperti berenang atau ke bounce park siapa tahu ternyata anak punya minat juga di senam. (Baca juga: 3 Tips Agar Si Kecil Minta Maaf Sungguh-sungguh)

  1. Libatkan Anak dalam Klub Olahraga

Supaya lebih seru lagi, libatkan atau daftarkan anak di klub olahraga yang diminatinya. Ini dilakukan supaya anak bisa berinteraksi lebih intens dan mendapatkan manfaat olahraga secara fisik dan mental lebih maksimal lagi. Siapa tahu dari yang hanya menggerakkan badan supaya sehat dan bergaul dengan anak-anak seusia dengan minat sama, anak menemukan passion-nya.

  1. Olahraga Bersama

Bagaimana orangtua mengenalkan olahraga pada anak kalau orangtua sendiri tidak terlibat di dalamnya? Sesekali tunjukkan minat orangtua kepada aktivitas fisik dengan menjalani latihan bersama anak. Orangtua bisa memanfaatkan car free day atau ajang lari yang biasanya rutin diadakan setiap hari-hari besar. Join di acara ngecamp bareng di hutan atau trekking bersama komunitas pecinta alam bisa menjadi cara berbeda mengenalkan olahraga pada anak dengan cara menyenangkan.

  1. Ingatkan Anak untuk Mengonsumsi Makanan Sehat

Aktif olahraga tapi mengabaikan asupan makanan sehat sama saja dong! Orangtua perlu menyelipkan pesan-pesan sehat dimana kalau aktif berolahraga harus mau mengonsumsi makanan sehat juga supaya tubuh punya energi beraktivitas. Minum susu, makan buah dan sayuran adalah jenis konsumsi makanan sehat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kalau orangtua ingin tahu lebih banyak mengenai makanan sehat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak aktif yang senang olahraga, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.