• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Merawat Kura-Kura Peliharaan untuk Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Merawat Kura-Kura Peliharaan untuk Pemula

6 Cara Merawat Kura-Kura Peliharaan untuk Pemula

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 08 Desember 2021
6 Cara Merawat Kura-Kura Peliharaan untuk Pemula

“Cara merawat kura-kura peliharaan sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memastikan ada makanan sehat yang cukup, serta tempat tinggal yang nyaman dan juga terjaga kebersihannya. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kesehatan kura-kura.”

Halodoc, Jakarta – Ingin memelihara kura-kura untuk pertama kalinya? Tentu wajar jika banyak pertanyaan dalam benak. Apa makanan terbaik yang bisa diberikan? Bagaimana agar bisa tumbuh sehat? Semua jawabannya ada dalam pembahasan mengenai cara merawat kura-kura peliharaan berikut ini!

Panduan dan Cara Merawat Kura-Kura Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan sering terasa seperti memiliki seorang anak. Sebab, kamu mungkin ingin memberikan semua yang terbaik. Begitu pula saat memelihara kura-kura. Jika kamu masih pemula, berikut ini cara merawat kura-kura peliharaan dengan baik:

  1. Cukupi Makanan dan Air

Meskipun sebagian besar dari kura-kura jenis darat merupakan herbivora. Akan tetapi ada juga kura-kura darat yang termasuk sebagai omnivora atau karnivora, sehingga mereka membutuhkan pola makan yang bervariasi tergantung spesiesnya. 

Makanan yang aman untuk kura-kura yang bersifat herbivora termasuk pisang raja, dandelion, semanggi, sow-thistle, catear, honeysuckle, lavateria, sedum, dan pansy.

Berhati-hatilah untuk tidak memberi makan kura-kura secara berlebihan. Untuk kura-kura yang masih kecil, satu kali makan sehari sudah cukup, namun untuk kura-kura dewasa kamu bisa memberikan makan hingga 2 kali sehari. Air bersih juga sangat penting, sehingga harus selalu tersedia.

  1. Membuat Kandang yang Nyaman

Bagian alas kandang kura-kura harus ditutup dengan substrat yang sesuai sedalam 3-4 inci. Jika menggunakan produk seperti humus, sebaiknya beri makan kura-kura di atas batu tulis untuk menghindarinya memakan substrat, yang mengakibatkan kemungkinan impaksi usus.

Substrat harus disemprot atau disiram secara teratur untuk menjaga tingkat kelembapan yang sehat dan mencegah masalah pernapasan akibat debu. Sediakan juga tempat berteduh, seperti terowongan atau pot bunga. 

  1. Rutin Bersihkan Kandang

Buang kotoran dan sisa makanan setiap hari sangat penting sebagai cara merawat kura-kura peliharaan. Mangkuk air dan makanan harus dicuci, dikeringkan, dan diisi ulang setiap hari. Vivarium harus dibersihkan secara menyeluruh dengan disinfektan yang aman untuk hewan peliharaan secara teratur dan substrat yang kotor harus dibuang dan diganti.

  1. Pastikan Suhu Cukup Nyaman

Semua reptil berdarah dingin dan membutuhkan sumber panas eksternal untuk mempertahankan suhu tubuh yang benar. Jaga agar habitat kura-kura tetap hangat dan lembap. Setiap jenis kura-kura membutuhkan tingkat suhu yang berbeda.

Kura-kura Rusia paling baik di lingkungan yang sedikit lebih hangat dan lebih kering dengan kelembaban sekitar 40-75 persen. Sementara Kura-kura Yunani menyukai suhu sedikit lebih dingin dan basah, dengan kelembaban hingga40-60 persen.

Biarkan kura-kura berkeliaran di antara iklim di dalam habitatnya dengan menjaga satu sisi kandang lebih hangat, dan sisi lainnya lebih dingin dengan cabang besar atau tempat berteduh lainnya untuk naungan dan privasi. 

Termometer di setiap ujung kandang akan membantu kamu melacak suhu. Pada malam hari, matikan lampu pemanas dan gunakan pemancar panas keramik untuk menghangatkan dalam gelap.

  1. Pastikan Dapat Pencahayaan yang Cukup

Cara merawat kura-kura peliharaan selanjutnya adalah memastikan hewan ini mendapat pencahayaan yang cukup. Reptil membutuhkan pencahayaan UVA/UVB untuk menyerap kalsium dalam makanannya. 

Lampu ini harus dibiarkan menyala selama 10-12 jam dalam sehari, dan bohlam perlu diganti secara teratur karena keluaran UV berkurang seiring penggunaan.

  1. Bantu Kura-Kura Tetap Sehat

Biarkan kura-kura peliharaan kamu menyesuaikan diri dengan rumah barunya selama tiga atau empat hari sebelum kamu menanganinya. Ingatlah bahwa bahkan kura-kura pun bisa merasa sakit. Jika kamu melihat salah satu dari gejala ini, mungkin sudah waktunya untuk pergi ke dokter hewan:

  • Lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk bersembunyi di cangkang.
  • Makan atau minum lebih sedikit.
  • Penurunan berat badan.
  • Sendi bengkak.
  • Keluar cairan dari mata, hidung atau mulut.
  • Masalah cangkang, seperti cangkang berubah warna.
  • Kotoran yang encer lebih dari dua hari.

Itulah cara merawat kura-kura peliharaan untuk pemula. Sama seperti hewan peliharaan lainnya, kura-kura perlu makan dan minum yang cukup, serta tempat tinggal yang nyaman dan bersih.

Jika kamu menjumpai tanda-tanda masalah kesehatan pada kura-kura seperti yang disebutkan tadi, segeralah waspada. Agar mudah, coba download aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter hewan lewat chat.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Huggle Pets UK. Diakses pada 2021. Tortoise Care Guide For Beginners.
Pet Smart. Diakses pada 2021. A Set-up Guide for new Tortoise Parents.