6 Cara untuk Mengatasi Mata Lelah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mengatasi mata lelah, tips mengatasi mata lelah, cara mengatasi mata lelah

Halodoc, Jakarta – Terlalu lama menatap layar televisi, ponsel, atau komputer akan membuat mata cepat lelah. Namun, saat ini rasanya memang sulit untuk lepas dari ketiga benda elektronik tersebut, terlebih jika kamu adalah seorang karyawan kantoran. Padahal, berinteraksi terlalu intens terhadap benda-benda elektronik tersebut akan membuat kinerja mata semakin menurun.

Tak hanya cepat lelah, mata kamu pun akan terasa cepat kering. Inilah mengapa banyak orang yang sudah menggunakan kacamata meski usianya masih terbilang belia. Nah, supaya kamu tidak mengalaminya, coba ikuti tips mengatasi mata lelah berikut ini:

Tidak Melihat Layar dalam Gelap

Mengecek ponsel, menggunakan laptop, atau menonton televisi dalam kondisi ruangan tanpa cahaya ternyata tidak baik untuk kesehatan mata. Namun, kebiasaan buruk ini ternyata sering dilakukan tanpa sadar. Melihat layar dalam gelap akan membuat mata kamu bekerja lebih keras, meski kamu telah mengatur pencahayaan pada layar hingga batas minimum.

Atur Pencahayaan Ruangan

Tidak hanya saat gelap, mata juga akan cepat merasa lelah saat melihat dalam kondisi ruangan dengan cahaya yang terlalu terang. Pada kondisi ini, mata akan semakin menyipit dan meminimalkan akomodasi cahaya demi bisa melihat objek dengan jelas. Ditambah lagi dengan layar komputer dan ponsel yang tak kalah terangnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur pencahayaan ruangan demi menjaga kesehatan mata. Kamu bisa menutup tirai jendela untuk mengurangi paparan cahaya yang terlalu terang.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Mata Panda

Memejamkan Mata

Apabila mata kamu sudah terasa lelah dan perih, artinya kamu harus memejamkannya sejenak. Bukan tidur, kamu hanya mengistirahatkan mata dari terpaan cahaya layar yang terus-menerus. Kamu juga bisa berjalan-jalan berkeliling sembari melakukan peregangan agar otot tidak terasa kaku, juga supaya mata sedikit teralihkan dari kerja kerasnya dengan melihat-lihat pemandangan lainnya. Jika waktu istirahat tiba, tidak ada salahnya menggunakannya untuk tidur siang sejenak.

Sering Berkedip

Ternyata, berkedip menjadi cara termudah untuk mengistirahatkan mata. Ketika berkedip, cairan di dalam mata akan membasahi bola mata, sehingga mengurangi iritasi dan mata kering. Namun, faktanya orang-orang yang bekerja di depan komputer justru jarang berkedip, dan inilah yang membuat mata cepat menjadi lelah dan mengalami iritasi. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakanlah berkedip setiap 20 menit sebanyak 10 kali.

Lakukan Olahraga Mata

Cara mengatasi mata lelah selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan olahraga mata setiap 20 menit sekali. Caranya mudah, kamu hanya perlu memalingkan mata dari layar komputer dan melihat benda-benda yang jaraknya sejauh enam meter dari posisi kamu. Pakar kesehatan mata sering menyebut aktivitas ini dengan “20-20-20 rule”. Melihat objek yang letaknya jauh bisa membantu melemaskan otot mata dan mengurangi lelah mata.

Baca juga: Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Cermat dalam Memilih Lensa Kacamata

Tips terakhir ini khusus untuk kamu yang telah menggunakan bantuan kacamata dalam melihat. Saat memilih lensa, sebaiknya pilihlah lensa yang dilengkapi dengan lapisan anti-reflektif (anti-reflective). Lensa dengan lapisan ini akan mengurangi jumlah cahaya yang akan masuk ke mata, sehingga kamu tidak terlalu silau saat memandang layar.

 

Itu tadi beberapa cara mengatasi mata lelah yang bisa dicoba. Jangan sampai kebiasan buruk yang kamu lakukan malah membuat mata kamu menjadi mudah lelah atau iritasi, ya. Kalau ingin bertanya seputar masalah mata pada dokter, coba download aplikasi Halodoc dan pilih layanan Tanya Dokter. Tak perlu khawatir, aplikasi Halodoc sudah tersedia di App Store maupun Google Play Store, kok!