21 October 2018

6 Dampak Minum Teh saat Perut Kosong

6 Dampak Minum Teh saat Perut Kosong

Halodoc, Jakarta – Sebelum menjalankan aktivitas dipagi hari, sebagian orang ada yang terbiasa mengonsumsi teh untuk menambah energi. Seperti yang diketahui, teh memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh, yakni sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan kekebalan dan metabolisme tubuh bila dikonsumsi disaat yang tepat.

Apa Dampak Minum Teh saat Perut Kosong?

Meski memiliki manfaat untuk kesehatan, teh yang dikonsumsi dalam keadaan perut kosong bisa berdampak negatif bagi tubuh, khususnya bagi teh celup yang mengandung kafein. Berikut dampak minum teh disaat perut kosong yang perlu diwaspadai bagi tubuh.

1. Mengganggu Aktivitas Metabolik

Dampak minum teh saat perut kosong yang pertama adalah mengganggu sistem metabolisme karena ketidakseimbangan zat asam dan basa di dalam perut. Hal ini disebabkan karena bisa mengganggu aktivitas metabolik tubuh. Proses metabolisme yang terganggu ini bisa memicu masalah kesehatan lainnya yang menyerang organ tubuh seperti ginjal hingga jantung.

2. Kembung dan Mual

Dampak minum teh ketika perut masih kosong bisa berpengaruh pada aktivitas cairan empedu di dalam lambung yang menyebabkan rasa mual serta kembung. Kondisi ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.  Bila kamu menambahkan susu atau krimer ke dalam teh juga bisa meningkatkan risiko perut terasa kembung di pagi hari. Di dalam susu terdapat kandungan laktosa yang bisa membentuk gas yang dan mengendap di dalam perut dan usus.

3. Menyebabkan Dehidrasi

Teh bersifat diuretik yang bisa membuat tubuh lebih cepat memproduksi urin. Saat bangun tidur, sebenarnya tubuh sudah mengalami dehidrasi setelah beristirahat selama 6 - 8 jam, sehingga minum teh saat perut kosong bisa membuat tubuh dehidrasi lebih lanjut dan bisa menyebabkan kram perut.

4. Mengikis Enamel Gigi

Mengonsumsi teh di pagi hari bisa mengikis enamel gigi. Hal ini bisa terjadi karena bakteri dalam mulut merusak gula sehingga menyebabkan peningkatan kadar asam di mulut dan membuat enamel gigi terkikis.

5. Menghambat Penyerapan Zat Besi

Zat besi sebenarnya diperlukan tubuh guna membawa oksigen dan membantu pembentukan hemoglobin. Dampak minum teh, khususnya teh hijau di pagi hari saat perut masih kosong, bisa mengurangi asupan zat besi pada tubuh. Bila zat besi tidak tercukupi bisa mengganggu kesehatan, salah satunya adalah anemia atau kekurangan sel darah merah di dalam tubuh.

6. Menimbulkan Kecemasan

Dampak minum teh saat perut kosong bagi tubuh yang terakhir bisa menyebabkan kecemasan. Ini disebabkan karena kandungan kafein dalam teh ketika perut kosong memunculkan sensasi kurang nyaman seperti cemas dan pusing.

Disarankan bila ingin mengonsumsi teh di pagi hari, sebaiknya minum segelas air putih terlebih dahulu dan sarapan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar perut tidak kosong dan tidak menimbulkan reaksi negatif terhadap kesehatan kamu setelah mengonsumsi teh di pagi hari.

Bila kamu masih penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam dampak minum teh saat perut kosong lainnya, kamu bisa menanyakan langsung pada dokter yang ada di Halodoc. Aplikasi kesehatan ini memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan dokter melalui pilihan komunikasi Chat, Voice Call, dan Video Call melalui layanan Contact Doctor. Untuk menggunakan aplikasi Halodoc, kamu perlu download aplikasi Halodoc di App Store maupun, Google Play.

Baca Juga: