02 August 2018

6 Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Gluten untuk Kesehatan

dampak gluten untuk kesehatan, dampak mengonsumsi gluten berlebihan,makanan yang mengandung gluten, menghindari makanan mengandung gluten

Halodoc, Jakarta – Nampaknya saat ini kita perlu menjaga pola makan agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Banyak makanan yang saat ini cukup mengandung kandungan yang sangat bahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Salah satunya adalah gluten. Gluten merupakan salah satu jenis protein yang biasanya terkandung dalam gandum.

Gluten sendiri mengandung peptida, yaitu sejenis protein yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Terutama, ini akan berdampak pada pengidap obesitas, kelelahan kronis, dan gangguan pencernaan.

Baca juga: Kenalan dengan Diet Gluten-Free yang Bikin Cepat Langsing

Banyak pakar yang mulai menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gluten karena dapat membahayakan kesehatan kamu. Berikut adalah dampak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten untuk kesehatan kamu.

1. Gangguan Pencernaan

Pencernaan kamu bisa terganggu jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Zat peptida yang masuk melalui makanan mengandung gluten nyatanya membuat pencernaan kamu bermasalah. Sebaiknya hindari atau kurangi makanan yang mengandung gluten cukup tinggi.

2. Mengalami Gizi Buruk

Tidak hanya masalah pencernaan kamu saja, saat kamu mengonsumsi makanan yang mengandung gluten tinggi, kamu tidak akan mendapatkan nutrisi apa pun untuk kebutuhan tubuh kamu. Oleh karena itu, kamu mungkin akan mengalami kekurangan gizi. Parahnya, kamu bisa mengalami gizi buruk. Selain itu, beberapa organ pada tubuh kamu juga menjadi tidak berfungsi.

3. Gangguan Lambung

Saat kamu mengonsumsi banyak gluten, kesehatan lambung kamu pun akan terganggu. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten ternyata bisa membuat kamu sakit perut. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung gluten bisa membuat lambung kamu iritasi dan radang. Tentunya ini akan mengganggu pencernaan kamu.

4. Infeksi Tenggorokan

Organ tubuh lainnya yang akan berdampak jika kamu mengonsumsi gluten secara berlebihan adalah tenggorokan. Kandungan yang ada pada gluten nyatanya membuat tenggorokan kamu iritasi, sehingga menyulitkan kamu saat akan mengonsumsi makanan.

5. Alergi

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gluten tinggi untuk menghindari alergi pada tubuh kamu. Senyawa peptida dalam gluten ternyata bisa membuat tubuh kamu menolak menyerap kandungan yang ada pada gluten, sehingga membuat tubuh kamu mengalami alergi.

6. Sesak Napas

Tidak hanya gangguan pada sistem pencernaan saja, gluten juga dapat mengganggu sistem pernapasan kamu. Salah satunya adalah sesak napas. Sebaiknya kamu yang memiliki penyakit asma atau sesak napas bisa mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gluten.

Makanan yang Mengandung Gluten

Makanan yang terbuat dari gandum memiliki kandungan gluten yang sangat tinggi, di antaranya:

1. Roti

Gandum merupakan bahan utama pembuatan roti. Tidak hanya roti, beberapa makanan lainnya seperti piza, muffin, burger, dan croissant pun terkadang terbuat dari gandum. Untuk menghindari kandungan gluten, sebaiknya pilihlah roti atau makanan lainnya yang berasal dari tepung beras atau kentang.

2. Sereal Granola

Gluten banyak terkandung pada gandum, oat, dan sereal. Jika kamu penggemar sereal, sebaiknya ganti sereal kamu dengan sereal berbahan dasar jagung atau beras.

Baca juga: Mitos dan Fakta Makanan Bebas Gluten

Nah, jika kamu memiliki masalah mengenai kesehatan kamu, sebaiknya segera tanyakan kepada dokter. Salah satu caranya bisa melalui dokter-dokter ahli yang ada di Halodoc. Yuk, download sekarang aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!