6 Gerakan Fitness yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
gerakan gym di rumah, gerakan fitness yang bisa dilakukan di rumah

Halodoc, Jakarta – Pergi ke pusat kebugaran alias gym sering menjadi pilihan olahraga bagi sebagian orang. Pasalnya, ada banyak pilihan alat dan jenis olahraga yang bisa dipilih di pusat kebugaran. Seperti berlari di treadmill, mengangkat beban, atau sekadar bermain sepeda statis.

Namun berolahraga di pusat kebugaran tentu mengharuskan kamu untuk meluangkan lebih banyak waktu, dan tentunya biaya yang cukup tinggi. Nah, kalau kamu termasuk orang yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk pergi ke gym, jangan khawatir. Kamu bisa mencoba untuk menerapkan beberapa gerakan fitness sendiri di rumah, lho. Yuk, ikuti tips berikut dan cari tahu apa saja gerakan fitness yang bisa dilakukan di rumah!

1. Angkat Beban

 

 

Salah satu gerakan khas gym yang bisa kamu lakukan di rumah adalah angkat beban. Hanya perlu menyediakan satu hingga dua buah barbell atau dumbbell di rumah dan kamu sudah bisa melakukan gerakannya. Tentu kamu harus menyesuaikan berat beban dengan tujuan olahraga yang diinginkan.

Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

2. High Knee Running in Place

 

 

High knee running in place alias lari di tempat bisa dilakukan sebagai ganti dari treadmill. Lakukan gerakan ini dengan cara berlari di tempat sambil mengangkat lutut hingga mencapai posisi tertentu. Sebaiknya, pastikan lutut sejajar dengan pinggul selama melakukan gerakan ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari memaksakan diri dalam melakukannya.

3. Plank

 

 

Salah satu gerakan fitness yang kini semakin populer dan banyak dilakukan adalah plank. Gerakan ini merupakan jenis latihan keseimbangan yang dilakukan dengan memfokuskan kekuatan tubuh di bagian tengah. Melakukan plank dapat membantu melatih bagian otot lengan, bahu, perut, dan paha.

Jika kamu menginginkan otot perut yang kencang, plank adalah pilihan terbaik. Cara melakukannya adalah dengan posisi berbanding menghadap ke lantai. Lalu tempelkan bagian siku di lantai seperti akan melakukan push-up. Bedanya, kamu tidak perlu melakukan gerakan naik turun, hanya pertahankan saja posisi tersebut selama beberapa detik hingga menit.

Baca juga: Olahraga Tanpa Alat? Coba 4 Gerakan Bodyweight Berikut

4. Squat Jump

 

 

Bagi kamu yang ingin mengencangkan dan membentuk otot kaki, jangan lewatkan jenis olahraga yang satu ini. Squat jump merupakan jenis olahraga yang bertujuan untuk melatih kekuatan kaki. Untuk melakukannya, mulailah dengan posisi tubuh berdiri tegak, dan letakkan kedua tangan di bagian belakang kepala. Kemudian, berjongkoklah dan melompat untuk kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut dalam beberapa set.

5. Step-up

 

 

Jika tidak ada tangga atau alat yang bisa menunjang latihan ini, kamu bisa memanfaatkan kursi. Step-up juga merupakan jenis latihan yang baik untuk membentuk otot kaki. Biasanya, gerakan ini dilakukan dengan cara naik-turun tangga.

Untuk melakukan step-up di rumah, sediakan sebuah kursi lalu lakukan gerakan naik turun. Pastikan kursi atau benda yang digunakan cukup kuat untuk menopang tubuh. Lakukan gerakan ini dengan cepat untuk memaksimalkan pembakaran lemak.

6. Tricep Dip

 

 

Masih dengan menggunakan kursi, kamu juga bisa melakukan latihan yang bermanfaat untuk otot tricep ini. Berdirilah membelakangi kursi, lalu tempatkan kedua tangan di atas kursi. Kemudian cobalah untuk melakukan gerakan naik dan turun pada posisi tersebut selama beberapa kali.

Baca juga: Gerakan ala Kayla Itsines, Bikin Tubuh Kencang Tanpa Alat

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!