05 June 2018

6 Hal yang Akan Diajarkan dalam Kelas Prenatal

6 Hal yang Akan Diajarkan dalam Kelas Prenatal

Halodoc, Jakarta – Sebenarnya ada beragam olahraga atau aktivitas fisik yang bermanfaat bagi ibu hamil. Mulai dari renang, jogging, senam hamil, hingga meditasi. Selain itu, ada juga yoga prenatal yang kini banyak dicoba ibu hamil. Kata ahli dari Hackensack University Medical Center, AS, prenatal yoga merupakan olahraga terbaik selama masa kehamilan. Alasannya, yoga jenis ini membantu ibu hamil dengan tiga hal dasar yang berpengaruh pada kehamilan. Mulai dari fleksibilitas, ketenangan mental, dan pernafasan. Lalu, kira-kira apa saja sih yang akan diajarkan dalam kelas prenatal?

Dari Persiapan hingga Tanda Persalinan

  1. Mengingatkan Persiapan Melahirkan

Kelas prenatal enggak hanya mengajarkan ibu seputar gerakan atau aktivitas fisik saja. Dalam kelas ini ibu juga akan diajarkan mengenai apa yang mesti dipersiapkan menjelang kelahiran bayi. Misalnya, baju ibu untuk dikenakan, baju bayi, makanan atau minuman yang bisa membantu ibu lebih rileks selama persalinan, dan lain sebagainya.

  1. Informasi Kesehatan Kehamilan dan Bayi

Ketika mengikuti kelas ini, calon ibu juga akan diajarkan mengenai hal-hal yang yang sebaiknya dilakukan selama kehamilan, khususnya menyangkut kesehatan jiwa dan fisik bagi ibu dan janin. Misalnya, mengajarkan hypnobirthing atau relaksasi kehamilan, olahraga selama kehamilan, apa yang  eggak boleh dilakukan selama masa kehamilan, hingga asupan nutrisi selama kehamilan yang baik untuk ibu dan janin.

  1. Pola Pikir Positif

Banyak wanita yang merasa resah ketika hendak melahirkan karena kabar yang beredar di sekitarnya. Misalnya, selentingan kalau melahirkan itu sakit dan menyeramkan. Hmm, anggapan tersebut memang enggak sepenuhnya salah, tapi ketika mengikuti kelas prenatal ibu akan diajarkan untuk mengubah persepsi tersebut menjadi suatu hal yang menyenangkan dan merupakan berkah dari sang pencipta.

(Baca juga: 4 Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil)

  1. Suami Lebih Siap dan Siaga

Jangan salah lho, kelas ini enggak hanya melibatkan ibu hamil saja, calon ayah pun juga boleh mengikuti kelas prenatal. Di kelas ini, ayah akan diajarkan comfort measure technique, sebagai pendamping persalinan. Materi ini bermanfaat untuk membuat ayah agar lebih siap dan siaga terhadap kebutuhan dan mendukung ibu selama proses persalinan.

  1. Belajar Berbicara dengan Bayi

Di dalam kelas ini ibu juga akan diajarkan untuk berkomunikasi dengan bayi yang masih di dalam rahim. Kata ahli, komunikasi dengan bayi seperti lewat sentuhan, memiliki banyak manfaat bagi perkembangannya. Masalahnya, ada juga calon ibu dan ayah yang enggak mengajak janinnya berkomuniasi selama masa kehamilan. Yang harus diketahui, ikatan antara orangtua dan anak itu bisa dimulai dari dalam kandungan.

  1. Tanda-tanda Persalinan

Mungkin ada sebagian ibu yang belum mengetahui tanda-tanda persalinan, terutama bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan. Jangan khawatir, di kelas prenatal kamu akan diajarkan mengenai tanda-tanda persalinan yang mesti diketahui seperti:

  • Keluarnya air ketuban. Air ini bisa berwarna kuning atau hijau pekat seperti jus buah alpukat. Bila air ketuban berwarna hijau, tandanya bayi sedang mengalami stres di dalam rahim sehingga mengeluarkan kotoran.
  • Keluarnya flek darah bercampur lendir. Tandanya sudah mulai ada penipisan dan pembukaan jalan lahir. Ibu sebiknya memeriksakan kandungannya untuk penanganan lebih lanjut.
  • Keluarnya lendir putih tanpa flek darah. Tanda awal persalinan, artinya sumbat jalan lahir sudah lepas.
  • Kontraksi rahim teratur, misalnya berpola 5-1-1. Artinya, datang lima menit sekali, dan kontraksi rahim berlangsung selama kurang lebih satu menit.

(Baca juga: Tips Mengatasi Morning Sickness Untuk Kehamilan Pertama)

Menyimpan Banyak Manfaat

Kata ahli, gerakan yoga prenatal bisa membantu calon ibu untuk mengurangi berbagai keluhan selama kehamilan, sekaligus meningkatkan ikatan batin dengan janin di dalam kandungan. Nah, berikut manfaat-manfaat yang bisa kamu peroleh di kelas prenatal:

  • Menjalin ikatan yang mendalam dengan janin.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Mengurangi sakit pinggang.
  • Membuat tubuh tetap kuat, aktif, dan sehat.
  • Melatih area pinggul untuk proses persalinan.
  • Belajar teknik pernafasan lebih baik.
  • Melatih diri untuk lebih mudah beristirahat.
  • Membantu relaksasi.

(Baca juga: 5 Nutrisi Wajib Untuk Ibu Hamil yang Berpuasa)

Bagi ibu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat serta hal apa saja yang diajarkan dalam kelas prenatal, hingga masalah kehamilan, bisa lho mendiskusikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!