19 March 2018

6 Hal yang Perlu Dilakukan saat Hamil

6 Hal yang Perlu Dilakukan saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian besar kaum Hawa, kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Itu mengapa saat momen ini datang, para wanita akan berusaha untuk menjaganya. Nah, agar momen kehamilan berlangsung lancar, ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan. Simak enam hal yang perlu dilakukan saat hamil berikut ini, yuk!

1. Posisi Tidur Miring

Saat hamil, ibu disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri. Ini karena posisi tersebut dapat meningkatkan aliran darah dan nutrisi untuk janin di dalam kandungan. Agar lebih nyaman, ibu perlu menekuk lutut ke arah depan dan selipkan bantal di antara dua kaki.

2. Perhatikan Pola Makan

Agar makanan yang dikonsumsi baik untuk kesehatan ibu dan janin, ibu hamil dianjurkan untuk makan dengan menu bergizi lengkap dan seimbang. Tambahkan juga asupan kalori per hari pada menu makanan, setidaknya sebanyak 300 kalori saat trimester pertama, 350 kalori saat trimester kedua, dan 450 kalori saat trimester terakhir.

3. Perbanyak Konsumsi Cairan

Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil perlu memperbanyak konsumsi cairan. Ini karena saat hamil, tubuh ibu hamil membutuhkan lebih banyak cairan untuk membantu mendukung peningkatan volum darah ibu dan janin. Kekurangan cairan saat hamil dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi sehingga ibu mudah terkena sembelit, kelelahan, bahkan persalinan prematur.

4. Jaga Kebersihan Gigi

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Obstetrics Gynecology menemukan bahwa ibu hamil yang mengalami infeksi pada gusi dapat menularkan infeksi tersebut pada janin melalui peredaran darah plasenta. Untuk mencegahnya, ibu perlu menjaga kebersihan gigi dengan cara:

  • Gosok gigi secara rutin 2 kali sehari dengan menggunakan sikat yang lembut. Gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol 2 kali sehari setelah menggosok gigi.
  • Untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi, gunakanlah benang gigi untuk membersihkannya.
  • Bersihkan area lidah untuk mengurangi pertumbuhan bakteri.
  • Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan C untuk memperkuat gusi dan mengurangi perdarahan.
  • Rutin periksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter minimal 1 kali selama hamil.

5. Tetap Rutin Berolahraga

Bukan hanya baik untuk kesehatan ibu, olahraga saat hamil juga dapat mempermudah proses persalinan yang akan datang. Karena itu, ibu hamil disarankan untuk tetap melakukan olahraga ringan, setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu. Jika ragu, ibu bisa lho bertanya ke dokter Halodoc tentang saran olahraga yang aman dilakukan saat hamil. (Baca juga : 5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil)

6. Istarahat yang Cukup

Agar kondisi ibu tetap fit selama kehamilan, ibu perlu istirahat yang cukup. Selain tidur selama 8 jam pada malam hari, ibu hamil juga dianjurkan untuk tidur siang selama 1-3 jam untuk mengembalikan stamina yang habis karena aktivitas di siang hari. Sebisa mungkin, hindari aktivitas begadang saat hamil. Ini karena kebiasaan begadang dapat meningkatkan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan saat hamil seperti anemia, tekanan darah tinggi, dan komplikasi persalinan.

Jika ibu masih punya pertanyaan seputar kehamilan, ada baiknya ibu bertanya langsung ke dokter yang terpercaya di aplikasi Halodoc. Ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Setelah itu, ibu sudah bisa menggunakan fitur Contact Doctor untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. (Baca juga : Agar Tak Panik, Ketahui 5 Mitos Kehamilan Ini)