19 October 2017

6 Kiat Mudah Memutihkan Gigi yang Perlu Diketahui

6 Kiat Mudah Memutihkan Gigi yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Memiliki gigi yang putih, bersih dan sehat pastinya menjadi dambaan semua orang. Karena selain dapat menunjang penampilan, deretan gigi yang putih juga akan menambah rasa percaya diri ketika tersenyum. Namun, seiring bertambahnya usia dan karena faktor-faktor tertentu, gigi yang semula putih pun berubah menjadi kekuningan. Berikut adalah beberapa cara memutihkan gigi yang bisa kamu coba.

Untuk kamu yang ingin mengembalikan warna putih gigi, ada dua cara yang bisa dipilih:

1.  Dengan Cara Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah
Atau kamu bisa mencoba cara-cara alami berikut yang mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya, tapi memiliki efek samping yang lebih sedikit.
 

  • Menggunakan pasta gigi yang megandung pemutih
    Kamu bisa menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih (whitening) yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada gigi dan membuat gigimu putih kembali.
  • Menggunakan baking soda
    Cara lainnya memutihkan gigi secara alami adalah dengan menggunakan baking soda. Kamu bisa membuat pasta dengan cara mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air, lalu gosokkan pada gigi beberapa kali dalam satu minggu. Atau buat obat kumur dengan cara mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan satu gelas air, lalu kumur sekitar 2-3 menit.
     
  • Menggunakan air garam laut
    Garam laut tidak hanya bisa membantu membersihkan noda pada gigi dan membuat gigi nampak putih, tapi juga mampu meningkatkan keseimbangan kadar PH dalam mulut dan membuat suasana rongga mulut lebih basa, sehingga kuman dan bakteri merugikan hilang. Campurkan ½ sendok teh garam laut dengan 30 ml air, lalu sikat gigi dengan menggunakan campuran tersebut selama 3-5 menit.
     
  • Memanfaatkan buah-buahan yang mengandung asam malat
    Buah-buahan yang mengandung asam malat, seperti jus apel hijau dan stroberi juga banyak digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Buatlah pasta stroberi dengan mencampurkan 2-3 buah stroberi dengan ½ sendok baking soda. Namun, pasta stroberi tersebut perlu dilengkapi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk melindungi gigi dari campuran asam malat dan asam sitrat dari stroberi yang berpotensi merusak enamel.
     

2.  Dengan Bantuan Dokter Gigi
Barisan gigi bisa kembali memutih dengan cepat melalui prosedur pemutihan gigi yang bisa dilakukan di dokter gigi berikut:
 

  • Bleaching Gigi
    Bleaching gigi adalah proses memutihkan gigi dengan cara memberikan hidrogen peroksida, bahan kimia yang berkhasiat memutihkan, pada bagian email gigi. Biasanya dokter akan merapikan tambalan gigi dan membersihkan karang gigi terlebih dahulu agar zat kimia untuk memutihkan gigi bisa menempel maksimal. Karena ini termasuk ke dalam proses alami, sehingga tingkat perubahan warna gigi pada setiap orang belum tentu sama. Tindakan bleaching gigi sendiri dapat dilakukan di klinik oleh dokter gigi maupun dapat dilakukan sendiri di rumah, lho. Dari sisi waktu, bleaching yang dilakukan di klinik dokter gigi memakan waktu kurang lebih 2 jam, sedangkan jika dilakukan sendiri rumah akan memakan waktu 2 minggu secara berturut-turut. Selain itu, bleaching gigi menjadi terlihat putih pun akan kembali lagi seperti semula tergantung pada reaksi gigi dari setiap orang. Namun perlu diketahui, home bleaching yang kamu lakukan di rumah, ternyata dapat bertahan lebih lama loh dampaknya. Penasaran ingin mencoba?
     
  • Veneer Gigi
    Veneer gigi adalah prosedur yang tidak hanya bisa mengembalikan warna putih gigi, tapi juga bisa mengembalikan bentuk dan posisi gigi, serta memperbaiki gigi yang gompal. Untuk veneer kita dapat memilih warna gigi (kadar keputihan) yang kita inginkan, loh. Veneer bukan proses alami dari cairan yang di dapat di aplikasikan ke gigi. Namun, merupakan gigi yang telah diasah oleh dokter gigi dan setelah itu dikirimkan hasilnya ke laboratorium.


Selain mengikuti cara-cara memutihkan gigi di atas, kamu juga perlu membantu menjaga warna putih gigi dengan menerapkan pola makan yang sehat dan menjauhi minuman berkafein. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan gigi, kamu bisa langsung menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli vitamin dan produk kesehatan yang diperlukan di Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ayo, segera download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.