• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Sehat yang Penting untuk Ibu Hamil

6 Makanan Sehat yang Penting untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjaga pola makan yang sehat selama kehamilan sangatlah penting. Selama kehamilan, tubuh membutuhkan tambahan nutrisi, vitamin, dan mineral. Kekurangan nutrisi utama dapat berdampak negatif pada perkembangan bayi. Selain itu, kebiasaan makan yang buruk juga dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional dan komplikasi kehamilan.

Lantas, makanan sehat yang penting untuk ibu hamil itu seperti apa? Brokoli dan sayuran berwarna hijau tua, seperti kangkung dan bayam, adalah jenis makanan yang direkomendasikan dikonsumsi ibu hamil. Informasi selengkapnya ada di sini!

Baca juga: 5 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan yang mengandung serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium sangat penting untuk ibu hamil. Ini dikarenakan jenis makanan ini bermanfaat bagi sistem kekebalan dan pencernaan.

Kandungan pada jenis makanan ini dapat membantu mencegah sembelit, yang merupakan masalah yang sangat umum terjadi pada wanita hamil. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau juga dikaitkan dengan penurunan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Jenis makanan sehat apalagi yang penting untuk ibu hamil?

1. Susu

Selama kehamilan, bumil perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh. Susu adalah sumber kalsium makanan terbaik, dan menyediakan fosfor dalam jumlah tinggi, berbagai vitamin B, magnesium, dan seng.

2. Yoghurt

Yoghurt termasuk salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil, terutama Greek Yogurt. Pasalnya, yoghurt jenis ini mengandung lebih banyak kalsium daripada kebanyakan produk susu lainnya.

3. Ubi Jalar 

Ubi jalar sangat kaya akan beta-karoten, senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Namun, tidak semua sumber vitamin A direkomendasikan untuk ibu hamil. Sumber vitamin A hewani justru dapat menyebabkan keracunan jika dimakan secara berlebihan.

Baca juga: Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

Kenapa ubi jalar disarankan, tak lain karena ubi jalar meningkatkan rasa kenyang, mengurangi lonjakan gula darah, serta meningkatkan kesehatan dan mobilitas pencernaan bumil. 

4. Ikan Salmon

Kebanyakan ibu hamil hampir tidak mendapatkan cukup omega-3. Padahal, asam lemak omega-3 sangat penting selama kehamilan karena dapat membantu proses pembentukan otak janin.

Tidak semua makanan laut disarankan, karenanya ibu perlu hati-hati juga. Bisa jadi asupan makanan laut mengandung merkuri yang berbahaya buat ibu hamil. Salmon adalah jenis makanan laut yang cukup aman dikonsumsi bumil. 

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, buah ini juga tinggi serat, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C. Karena kandungan lemak sehat, folat dan kalium yang tinggi inilah alpukat menjadi pilihan yang cocok untuk wanita hamil.

Lemak sehat membantu membangun kulit, otak, dan jaringan janin, dan folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf. Selain itu, kalium pada alpukat dapat membantu meredakan kram kaki yang biasanya dialami oleh sebagian ibu hamil. 

Baca juga: Minum Kopi Saat Hamil Bisa Membuat Bayi Lahir Obesitas, Benarkah?

6. Kacang Kedelai

Kacang kedelai yang dimasak adalah sumber protein vegetarian yang lezat. Secangkir edamame menawarkan hampir 100 miligram kalsium, 3,5 miligram zat besi, dan 482 mikrogram folat. Jika butuh rekomendasi dari profesional medis terkait makanan sehat untuk ibu hamil, bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Diet During Pregnancy.
What to Expect. Diakses pada 2020. 19 Best Foods to Eat During Pregnancy.