02 May 2018

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Berolahraga

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Seusai berolahraga tentunya energi akan terkuras, sehingga membuat perut terasa lapar. Apalagi bila olahraga yang telah dilakukan berintensitas tinggi, keinginan mengasup berbagai makanan pun jadi tak tertahankan. Makan sehabis berolahraga sah-sah saja, asal jangan sembarang memilih asupan, ya. Lalu, makanan seperti apa yang baik dikonsumsi setelah berolahraga?

  • Jangan Lupakan Karbohidrat dan Protein 

Kedua zat ini amat diperlukan tubuh setelah berolahraga, tepatnya ketika darah beredar dengan baik di dalam tubuh. Melansir Men's Fitness, menurut ahli gizi sekaligus juru bicara dari American Dietetic Association, karbohidrat membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah dipakai selama berolahraga.

Sedangkan protein beda lagi, zat ini mengandung asam amino yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan otot baru. Enggak cuma itu, protein juga bisa memperbaiki sel-sel otot yang mengalami kerusakan selama olahraga.

  • Asupan Lemak Juga Oke

Meski sering menjadi kambing hitam dari berbagai penyakit, sebenarnya enggak semua lemak jahat, lho. Melansir Healthline, lemak membantu tubuh kamu untuk meningkatkan pertumbuhan otot setelah berolahraga. Selain itu, 45 persen energi pada tubuh juga berasal dari lemak. Nah, kamu bisa menemukan makanan dan minuman yang kaya lemak sehat dari alpukat, kacang-kacangan, dan susu sapi.

Nah, bagi kamu yang enggak mau repot-repot menyiapkan makanan setelah berolahraga, berikut menu makanan yang mudah kamu buat.

  1. Salad Buah

Selain asupan karbohidrat dan protein, tubuh juga membutuhkan serat dan cairan. Kamu bisa mendapatkan keduanya dari buah-buahan. Menu yang mudah dibuat contohnya, campuran buah kiwi dan nanas.

Selain kaya vitamin, buah-buahan mudah dicerna, membantu memecah asam amino, dan dapat mencegah peradangan pada otot. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka agar hindari tubuh tetap terjaga.

  1. Sereal Susu dan Kacang

Yang satu ini juga mudah untuk dibuat. Caranya tinggal campurkan susu, sereal, dan kacang almond. Tanpa membutuhkan waktu yang lama, kamu pun bisa memenuhi kebutuhan protein dan karbohidrat yang hilang setelah berolahraga.

  1. Yogurt Buah dan Kacang

Menu ini bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang hilang selama berolahraga. Bahkan, kata ahli, mengonsumsi pisang saja sudah bisa membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh. Nah, kamu bisa mencapurkan yogurt, buah beri, pisang, atau kiwi, lalu tambahkan kacang almond.

  1. Roti Daging

Ingin menu lengkap dengan kandungan karbohidrat, protein, dan lemak? Gampang kok, buat saja roti daging. Caranya masak daging cincang, bawang merah cincang, lada, kecap, saus tomat, dan garam selama lima atau tujuh menit. Lalu, aduk hingga warnanya jadi kecokelatan. Kamu bisa menyajikanya dengan roti tawar atau roti burger. Agar lebih bervariasi, kamu juga bisa menambahkan sayuran hijau seperti selada atau timun ke dalamnya.

  1. Roti Isi Telur

Cara membuat menu ini enggak sulit kok. Rebuslah telur ceplok sampai matang. Selanjutnya, panggang roti dan taruh telur yang sudah direbus sebelumnya. Agar nutrisinya semakin beragam, kamu juga bisa menambahkan potongan alpukat ke dalamnya. Selain alpukat, kamu juga juga bisa menggantinya dengan sayuran hijau untuk menu tersebut.

  1. Oatmeal

Menu yang satu ini kaya serat, magnesium, protein, fosfor, dan vitamin B1. Semuanya berperan penting dalam memproduksi energi. Membuatnya pun cukup praktis. Pertama, campurkan oats dan susu dalam sebuah mangkuk dan aduk hingga merata. Lalu, masak dengan api sedang selama beberapa menit. Nah, agar makin terasa lezat tambahkanlah buah beri atau pisang. \

(Baca juga: Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga)


Kamu juga bisa lho bertanya pada dokter mengenai menu yang baik diasup setelah berolahraga melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!