6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Halodoc, Jakarta – Osteoporosis adalah pengeroposan tulang akibat menurunnya kepadatan seiring bertambahnya usia. Maka itu, kamu perlu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Salah satunya dengan konsumsi makanan bergizi seimbang.

Baca Juga : Pahami 5 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Osteoporosis

Nutrisi untuk mencegah osteoporosis adalah kalsium dan vitamin D. Makanan yang mengandung kalsium berguna untuk memperkuat tulang, sedangkan vitamin D membantu proses penyerapan kalsium. Lantas, apa saja makanan yang dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis?

1. Susu dan Produk Olahannya

Susu adalah sumber kalsium terbaik yang berguna untuk menguatkan tulang. Teratur minum susu dapat menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Terkadang Vitamin D juga ditambahkan ke dalam produk susu. Vitamin D ini dipercaya membantu meningkatkan pertumbuhan tulang, sehingga risiko terkena osteoporosis dapat dikurangi.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau banyak mengandung vitamin C yang berguna dalam memproduksi sel-sel pembentuk tulang. Selain vitamin C, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang masuk ke dalam kategori vitamin B kompleks. Selain berperan dalam proses pembekuan darah, vitamin B kompleks juga bisa meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin B dapat melemahkan tulang sehingga penting untuk memenuhi asupan vitamin B agar kepadatan tulang tetap terjaga.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai kaya akan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan yang ada dalam kedelai antara lain vitamin B, vitamin D, dan vitamin E. Kandungan susu kedelai lainnya adalah isoflavon dan phytoestrogen.

Baca Juga : Yuk, Kenalan Dengan Olahraga Pencegah Osteoporosis

4. Tahu

Tahu mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, serta vitamin D, A, B6, dan C. Kandungan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Roti

Roti mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama. Selain karbohidrat, roti juga mengandung vitamin B1, B2, zat besi, dan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

6. Ikan

Ikan jenis sarden dan salmon mengandung vitamin D dan asam lemak omega-3. Mengonsumsi jenis ikan tersebut bisa menguatkan tulang dan menjaga kepadatan tulang, sehingga meminimalkan risiko osteoporosis.

Baca Juga : Hati-Hati, 7 Jenis Pekerjaan Ini Rentan Terkena Nyeri Punggung

Selain menjaga pola makan, aktivitas fisik juga berperan dalam mencegah risiko osteoporosis. Pengidap osteoporosis mungkin akan diresepkan suplemen kalsium dan vitamin D serta perawatan obat osteoporosis untuk memenuhi asupan hariannya.

Jika ada pertanyaan lain seputar osteoporosis, jangan ragu bertanya ke dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!