22 May 2018

6 Manfaat Almond Bagi Ibu Hamil

6 Manfaat Almond Bagi Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Almond merupakan salah satu jenis kacang yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, almond mengandung beberapa nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan bayi dan kesehatan ibu. Selain itu, almond juga mengandung banyak lemak sehat, nutrisi, vitamin ,dan kalori yang dibutuhkan oleh bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama di kandungan.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika ibu hamil rajin mengonsumsi almond. Di antaranya adalah:

 

  • Mengandung Antioksidan yang Tinggi

 

Almond memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam bentuk vitamin E. Vitamin E yang terkandung dalam almond ternyata bisa membantu menjaga kesehatan ibu serta merawat kesehatan kulit bayi saat masih dalam kandungan. Tidak hanya pada kandungan ibu saja, almond juga bisa membuat kesehatan kulit ibu tetap terjaga dengan baik. Sebab, vitamin E yang terkandung dalam almond dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi udara dan juga dapat mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh. Selain itu, kamu juga akan terhindari dari stretch mark karena kelembapan kulit kamu tetap terjaga.

 

  • Menguatkan Otot Bayi dan Menambah Energi Ibu

 

Almond ternyata memiliki kandungan protein yang dapat memperkuat jaringan otot bayi dan juga membuat bayi memiliki berat badan lahir yang sehat. Selain itu, protein juga bisa menjadi sumber energi yang utama bagi ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak akan mudah merasakan kelelahan saat proses kehamilan. Setelah melahirkan, ibu juga masih boleh mengonsumsi almond agar energi saat menyusui selalu terjaga dengan baik.

 

  • Membantu Perkembangan Otak Janin

 

Almond memiliki kandungan asam folat yang baik untuk membantu perkembangan otak janin saat dalam kandungan. Asam folat dan vitamin B9 nyatanya sangat diperlukan untuk membantu peningkatan sistem kerja saraf pada janin saat masih dalam kandungan. Kandungan asam folat juga dapat menghindarkan bayi lahir dengan kelainan perkembangan.

 

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

 

Selain mengandung protein dan asam folat, nyatanya almond juga mengandung serat yang cukup baik untuk ibu hamil. Saat masa kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami susah buang air besar atau konstipasi. Jika ibu hamil mengonsumsi almond yang mengandung serat cukup baik, sistem pencernaan ibu hamil akan lebih lancar. Selain itu, kandungan mangan yang terkandung pada almond akan membuat metabolisme tubuh ibu hamil semakin optimal.

 

  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

 

Almond memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jadi, jika ibu hamil mengonsumsi almond, kemungkinan ibu hamil akan terhindar dari penyakit kolesterol dan juga penyakit jantung.

 

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Kekebalan tubuh pada ibu hamil sangat penting untuk dijaga agar terhindar dari berbagai macam penyakit saat masa kehamilan. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi almond, karena almond memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil.

(Baca juga: 7 Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil)

Asupan dan nutrisi yang baik pada masa kehamilan memang sangat diperlukan bagi perkembangan janin dan juga kesehatan ibu hamil. Sebaiknya, jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai makanan yang baik dikonsumsi saat kehamilan, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!