• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Berhubungan Intim Selama Hamil yang Perlu Diketahui

6 Manfaat Berhubungan Intim Selama Hamil yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Menurut riset dari Journal of Sexual Medicine mengungkapkan bahwa manfaat berhubungan intim dua kali dalam seminggu dapat membantu pencegahan penyakit jantung karena hal ini terkait dengan pembekuan darah yang berpotensi merenggut jiwa seseorang.

Nah, bagaimana dengan berhubungan intim ketika hamil?

Penelitian lain menunjukkan bahwa berhubungan intim dengan pasangan ketika hamil ternyata memiliki dampak signifikan bukan hanya pada semakin eratnya hubungan, tapi juga pada proses kelahiran yang mudah dan menyenangkan. Berikut 6 manfaat berhubungan intim ketika hamil:

Proses Persalinan yang Mudah

Seringnya orgasme saat hamil akan meningkatkan kontraksi di panggul yang akan membantu memperkuat otot yang kamu butuhkan saat persalinan dan setelah melahirkan. Intensitas puncak kenikmatan yang kamu dapatkan saat proses kehamilan akan meningkatkan kontraksi di panggul sehingga memperkuat otot panggul. Sehingga, hal ini membantumu dalam proses persalinan yang lebih mudah.

 

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ketika berhubungan, hormon oksitosin atau yang dikenal sebagai hormon kasih sayang akan meningkat dan berpengaruh pada kurangnya tingkat stres pada tubuh. Nah, hal ini akan menyebabkan tidurmu merasa lebih nyenyak sehingga memberikan energi positif untuk beraktivitas.

 

Mendapatkan Orgasme yang Lebih Baik

Saraf tubuh alat vital kamu yang sangat sensitif ini akan lebih banyak menghasilkan estrogen yang mengalirkan darah ke panggul kamu. Orgasme lebih baik membuat kamu terhindar dari masalah saat persalinan sehingga prosesnya akan berjalan lancar.

 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pada proses kehamilan, perempuan akan merasakan banyak perubahan dalam dirinya sehingga mereka sering kali merasa tidak percaya diri bahkan merasa bahwa tubuhnya bukan lagi miliknya. Nah, manfaat berhubungan intim saat hamil salah satunya adalah mengembalikan dan menambah kepercayaan diri. Selain itu, aura positif terhadap diri sendiri akan meningkat sehingga kepercayaan diri pun bisa meningkat

 

Mengurangi Stres

Meski kehamilan bagi sebagian orang akan membawa kehamilan, namun beberapa perempuan akan mengkhawatirkan banyak hal, seperti pekerjaan, keuangan, bahkan bagaimana hidup akan berubah setelah bayi lahir. Oksitosin, hormon cinta yang dilepaskan ketika orgasme dapat membantu mengurasi stres dan membuat tidur kamu lebih nyenyak.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Selama proses kehamilan, suplai darah dari tubuh akan meningkatkan dua kali lipat karena untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayinya. Nah, peredaran darah yang lambat bisa berdampak negatif terhadap mereka. Maka dari itu salah satu manfaat berhubungan intim adalah membantu memulihkan fungsi tubuh dengan melepaskan berbagai hormon tertentu yang menjamin proses sirkulasi darah berjalan lancar. Bagi janin yang dikandung ibu, ia akan mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Kebanyakan perempuan saat hamil normal akan terus melanjutkan berhubungan intimnya ini, namun bagi mereka yang bermasalah harus berhati-hati. Jika kamu merasa sesuatu yang aneh terjadi setelah berhubungan intim, jangan ragu untuk mengkomunikasikannya dengan dokter ahli di Halodoc dengan memanfaatkan  Video Call, Voice Call, dan Chat. Jangan lupa juga untuk update aplikasi Halodoc kamu agar kamu bisa mencoba fitur terbarunya, Lab service.

Jika kamu membutuhkan obat, segera pesan melalui aplikasi Halodoc yang akan tiba kurang dari sejam di tempat kamu. Interaksi dengan dokter dan Pharmaci delivery yang diberikan Halodoc ini akan memudahkan kamu kalau saja tiba-tiba terjadi sesuatu. Jadi tunggu apalagi? Segera download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: Cari Tahu 4 Posisi Tidur Ibu Hamil