• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Masalah Mata yang Bisa Menyerang Anjing

6 Masalah Mata yang Bisa Menyerang Anjing

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat memutuskan untuk mempunyai hewan peliharaan, tentu kamu harus memperhatikan semua aspeknya. Bukan cuma makanan dan tempat tinggal yang layak, kamu juga harus merawat hewan kesayangan kamu ini agar terhindar dari penyakit. Anjing adalah salah satu hewan yang cocok untuk dipelihara karena terkenal akan kecerdasan dan kesetiaannya. 

Merawat anjing memang gampang-gampang susah. Biasanya, orang lebih berfokus untuk merawat bulunya saja, padahal bagian tubuh lainnya juga tidak boleh luput dari perhatian. Misalnya mata yang rentan mengalami masalah. Berikut masalah mata pada anjing yang harus kamu waspadai. 

Baca juga: Ini Jenis Vaksin yang Diberikan pada Anjing Adopsi

Masalah Mata pada Anjing

Mengenali tanda-tanda masalah mata anjing sejak dini dapat mengurangi kemungkinannya berkembang menjadi masalah yang serius. Anjing yang sudah tua memang lebih rentan terserang penyakit mata, tapi penyakit ini dapat terjadi pada semua usia dan semua ras anjing. Berikut adalah masalah mata paling umum pada anjing yang perlu kamu waspadai:

1. Konjungtivitis

Banyak pemilik anjing tidak tahu bahwa anjing bisa mengalami radang pada lapisan luar mata atau konjungtivitis. Mirip dengan manusia, gejalanya meliputi mata merah, peradangan, dan kotoran yang lengket. Jika anjing mengalami konjungtivitis karena infeksi bakteri, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan larutan tetes mata antibiotik. Dalam beberapa kasus, masalah ini dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap serbuk sari atau asap rokok dan membutuhkan larutan untuk menghilangkan iritasi.

2. Kornea Rusak

Sama seperti manusia, mata anjing juga bisa kelilipan. Rerumputan dan kotoran adalah penyebab paling umum, terutama jika anjing suka bermain di luar. Ketika ada sesuatu yang masuk ke mata, otomatis anjing akan mengusap-usap atau menggaruk matanya dengan cakar. Nah, mengusap-usap mata ini bisa menyebabkan iritasi bahkan merusak kornea mata. Apabila kamu curiga bahwa hewan peliharaan kamu mengalami kerusakan kornea, segera bawa ke dokter hewan sesegera mungkin. Dokter hewan dapat mengevaluasi cedera dan membantu mencegah infeksi.

3. Mata Kering

Dalam dunia medis, mata kering pada anjing disebut juga dengan keratoconjunctivitis sicca. Ini terjadi ketika saluran air mata tidak menghasilkan cukup pelumas. Hal ini mempersulit mata anjing untuk menghilangkan debu dan kotoran secara alami, sehingga mudah mengalami iritasi. Jika tidak ditangani dengan benar, mata kering dapat menyebabkan goresan kornea bahkan bisul. 

Tanda yang harus kamu perhatikan yaitu sering berkedip, mata merah, menyipitkan mata, dan mengais mata. Solusi untuk mata kering sering kali sederhana. Jika anjing menunjukkan tanda-tanda ini, temui dokter hewan dan tanyakan apakah perlu menggunakan tetes mata. 

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Bikin Anjing Peliharaan Jadi Stres

4. Benjolan di Kelopak Mata

Salah satu kondisi mata yang paling jelas dialami anjing adalah pertumbuhan atau benjolan di kelopak mata. Meskipun hal ini biasanya tidak mengganggu, hal ini harus diperiksa oleh dokter hewan. Dokter hewan biasanya harus melakukan biopsi untuk memastikan benjolan tersebut tidak bersifat kanker dan menentukan apakah benjolan tersebut harus diangkat.

5. Glaukoma

Glaukoma terjadi ketika cairan mata tidak keluar dengan benar dari mata anjing. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan berlebihan dan menyebabkan glaukoma. Nah, glaukoma dapat membuat anjing sangat kesakitan dan berisiko menyebabkan kebutaan. Gejala glaukoma meliputi mata merah, mata keruh, pupil terdilatasi dan mata yang terlihat menonjol. 

6. Katarak

Sama seperti manusia, anjing yang sudah berusia lanjut rentan mengalami katarak. Bergantung pada tingkat keparahannya, katarak dapat memengaruhi penglihatan dan akhirnya dapat menyebabkan kebutaan. Ada beberapa tanda yang menunjukkan katarak, antara lain mata keruh, radang mata, dan iritasi. 

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Kalau kamu punya pertanyaan seputar kesehatan hewan, kini kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc, lho! Di aplikasi ini, kamu dapat menghubungi dokter kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc.

Referensi:
AKC Pet Insurance. Diakses pada 2020. 6 Most Common Eye Problems in Dogs.
Animal Eye Center. Diakses pada 2020. Common Eye Disease.