• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Penyebab Wanita Susah Orgasme

6 Penyebab Wanita Susah Orgasme

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Dibandingkan pria, wanita cenderung lebih susah dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai orgasme. Meskipun telah dirangsang dengan berbagai cara, wanita belum tentu bisa berorgasme. Ada 5 faktor yang menjadi penyebab wanita susah orgasme.  

Dikutip dari WebMD, sekitar 10% wanita tidak pernah mengalami orgasme sama sekali baik saat berhubungan intim dengan pasangan, maupun saat masturbasi. Padahal sebenarnya wanita dapat mengalami orgasme lebih dari satu kali dan tidak memerlukan waktu pemulihan untuk mencapai orgasme berikutnya. Dengan kata lain, wanita dapat tetap berada dalam kondisi orgasme dalam waktu yang lama. Namun sayangnya, sangat sulit dan butuh waktu yang lama untuk membuat wanita mulai berorgasme. Ada 5 faktor yang menyebabkan ketidakmampuan wanita tersebut:

  1. Kurang Konsentrasi

Respon seksual pada wanita dimulai dari otak atau pikiran. Penyebab kamu susah orgasme mungkin adalah karena pikiranmu tidak tertuju pada pasangan. Kamu sibuk dengan kekhawatiranmu sendiri atau beban pikiran yang lain. Cara mengatasi penyebab ini sangat mudah, yaitu fokuslah pada rasa nikmat yang diberikan pasangan.

  1. Sedang Merasa Capek

Tubuh yang sudah terasa capek setelah seharian sibuk mengerjakan pekerjaan rumah atau kantor, dapat menjadi penyebab wanita sulit mencapai orgasme. Tidak hanya energi yang tersisa tinggal sedikit, mood pun sudah tidak ada untuk melakukan hubungan seksual.

  1. Kurang Mendapatkan Rangsangan Klitoris

Klitoris merupakan daerah intim wanita yang sangat sensitif terhadap rangsangan seksual. Menurut seorang ginekolog di New York, sekitar 70% wanita mengalami orgasme karena rangsangan pada daerah klitoris, dibanding karena penetrasi penis ke vagina. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba posisi yang berbeda yang dapat memberi rangsangan ekstra, seperti woman on top.

  1. Gangguan Hormon

Mengonsumsi pil KB dapat membuat hormon estrogen, progesterone dan testosterone dalam tubuh wanita berubah. Hal ini berdampak pada kemampuan wanita untuk berorgasme. Hormon wanita juga banyak mengalami perubahan setelah melahirkan dan selama menyusui, sehinggaa memengaruhi keinginannya untuk melakukan hubungan seks.

  1. Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa jenis obat tertentu dapat menurunkan gairah seksual dan kemampuan tubuh wanita mengalami orgasme, yaitu obat penurun tekanan darah, obat alergi, antihistamin, obat antidepresan, dan obat-obatan kemoterapi.

  1. Pernah Mengalami Pelecehan Seksual

Wanita yang pernah mengalami pelecehan seksual atau bahkan pemerkosaan akan menimbulkan trauma yang sulit hilang. Trauma ini yang akan membuat wanita takut dan akhirnya sulit mencapai orgasme. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa meminta bantuan psikiater dan menjalani terapi.

Setiap wanita dapat memberikan respon seksual yang berbeda-beda ketika berhubungan intim. Jika kamu masih bingung apakah kamu sudah mengalami orgasme atau belum, kamu bisa memerhatikan reaksi tubuhmu. Otot di sekitar organ intim berkontraksi atau berdenyut tak terkendali, detak jantung meningkat, napas terengah-engah, atau wajah yang memerah adalah tanda-tanda kamu sudah mencapai orgasme. Minta pasanganmu untuk membantu mendapatkan rangsangan seksual yang kamu butuhkan sebelum dan selama penetrasi. Wanita membutuhkan sekitar 20 menit dari rangsangan pertama untuk mencapai orgasme.

Jika kamu mempunyai pertanyaan lain seputar kehidupan seks, kamu bisa langsung bertanya kepada ahlinya di Halodoc. Hubungi dokter dan ceritakan kondisi yang kamu alami melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tanpa perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order saja dan pesananmu akan diantarkan dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.