22 June 2016

6 Tips Atasi Kulit Kering & Kusam Selama Berpuasa

Puasa merupakan salah satu ibadah yang harus dijalankan bagi umat muslim di bulan suci Ramadhan. Saat berpuasa Anda tidak diperbolehkan makan dan minum hingga 14 jam, sehingga tubuh pun ikut menyesuaikan dengan siklus yang turut berubah salah satunya terjadi pada kulit.

Sering kali puasa dikaitkan dengan kulit kering dan kusam karena adanya dehidrasi pada tubuh. Dampak kulit kering dan kusam pun dapat membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik. Lalu bagaimana cara yang sebaiknya Moms lakukan agar kulit tetap sehat selama menjalani puasa? Simak 6 tips berikut untuk mengatasinya.

1.Jaga Kandungan Air Dalam Kulit

Tahukah Anda bahwa 30% komposisi kulit adalah air? Hal tersebut dapat dibayangkan, apa yang terjadi jika kekurangan minum, cairan kulit akan menjadi kering dan tidak sehat, Moms. Oleh karena itu, tetap jagalah kebutuhan cairan harian dengan minimal 8 gelas sair putih sehari saat waktu buka puasa maupun sahur. Yuk, Moms sayangi kulit dengan meminum air putih.

2.Gantilah Kebiasaan Mandi Anda

Kulit kering yang tampak tidak menawan, ternyata dapat disebabkan oleh kebiasaan mandi yang tidak benar loh, Moms. Mulai hari ini, hindari lah mandi terlalu lama dengan air panas. Mengapa? Karena air panas dapat meningkatkan penguapan cairan dari kulit. Selain itu, hindari pula menggosok sabun dengan terlalu kencang dan lama serta penggunaan scrubs yang berlebihan, karena dapat mengakibatkan hilangnya minyak pelapis pada kulit yang diperlukan.

3.Cuci Wajah & Mandi Secukupnya

Pada dasarnya, bukanlah mandi yang akan membuat kulit menjadi semakin kering, namun perhatikan sabun yang Anda gunakan. Mandi dan mencuci wajah sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

4.Gunakan Krim Tabir Surya

Moms, hindari jalan-jalan keluar rumah dengan berada dibawah paparan langsung matahari tanpa menggunakan krim tabir surya dengan SPF. Selain dapat membuat penguapan cairan dari kulit bertambah, juga paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kering serta dehidrasi. Yang perlu diperhatikan adalah, tetap menggunakan krim tabir surya dengan SPF meski berada di dalam rumah, karena sinar UV matahari tetap dapat masuk ke dalam rumah.

5.Konsumsi Sayur-sayuran & Buah-buahan

Konsumsilah berbagai macam makanan pada menu berbuka puasa dan sahur Anda, termasuk didalamnya sayur-sayuran dan buah-buahan. Mengapa demikian? Karena selain kandungan air yang tinggi pada sayur serta buah-buahan, terdapat juga vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit.

6.Rutin Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Jangan lupa untuk tetap rutin menggunakan produk perawatan kulit kesayangan Anda dengan mencakup pembersih, toner, serum serta krim siang maupun malam. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat tetap menjaga kulit yang sehat dan menawan. Selain itu, menggunakan masker serta rajin mengangkat sel kulit mati (exfoliating) setiap satu kali dalam seminggu pun dapat membuat Anda bisa mengatakan selamat tinggal pada kulit kusam.

Berdasarkan 6 tips diatas dapt disimpulkan bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk menyiapkan makanan bergizi dengan bervariasi agar kulit pun dapat tetap terjaga selama Anda berpuasa. Tampil prima saat puasa? Kini tak perlu khawatir Moms!

Source: National of Health Institutes