12 July 2018

6 Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

memilih foundation sesuai warna kulit

Halodoc, Jakarta – Salah satu produk makeup yang wajib dimiliki oleh wanita adalah foundation alias alas bedak. Produk makeup ini sangat berguna untuk membuat kulit wajah kamu tampak flawless dan sempurna. Dengan memulaskan foundation, semua kekurangan yang ada pada kulit wajahmu seperti noda bekas jerawat dan bintik-bintik hitam bisa tertutupi. Namun, jangan sampai salah memilih foundation, ya. Bila tidak ingin terlihat seperti memakai topeng, pilihlah foundation yang sesuai dengan warna kulit kamu. Berikut tips-tipsnya.

1. Ketahui Dulu Warna Dasar Kulitmu

Kebanyakan orang salah memilih warna foundation karena tidak tahu warna dasar kulit mereka sendiri. Jadi, agar bisa memilih foundation yang tepat, ketahui dulu warna undertone kulit yang kamu miliki.

Warna lapisan bawah kulit atau undertone dibagi menjadi tiga kategori, yaitu warm (kuning), cool (pink), dan netral. Cara menentukan warna undertone kulit cukup mudah, kamu hanya tinggal mengangkat pergelangan tanganmu ke bawah sinar matahari atau lampu yang terang, kemudian lihat warna pembuluh darahmu. Bila warnanya kebiruan atau ungu, berarti kamu memiliki undertone cool.  Bila warnanya hijau, berarti jenis undertone kamu warm. Namun, bila warna pembuluh darahmu merupakan campuran hijau dan biru, itu artinya undertone kamu netral. Baca juga: Ini Cara Tepat Tahu Undertone Kulit

Begitu kamu tahu warna undertone kulitmu, kamu akan lebih mudah menentukan pilihan warna foundation yang tepat.

2. Coba Foundation di Leher

Banyak orang yang mencoba foundation di pergelangan tangan atau punggung tangan mereka. Padahal, warna kulit tangan kadang berbeda dengan warna kulit wajah, lho. Jadi, saat memilih foundation, cobalah oleskan di leher atau di daerah sekitar rahang, lalu lihat apakah warnanya sesuai dengan warna kulit wajahmu.

3. Coba Foundation di Tempat yang Terang

Usahakan carilah tempat yang terang saat ingin mencoba foundation. Kalau kamu mencoba di tempat yang pencahayaannya kurang, kemungkinan warna kulitmu akan terlihat lebih gelap atau malah sebaliknya, terlihat lebih terang. Jadi, cobalah foundation di tempat yang terangnya natural.

4. Pilih Warna Lebih Terang

Setelah beraktivitas  seharian, wajah yang menggunakan foundation biasanya akan berubah menjadi lebih kusam atau gelap. Hal ini karena foundation mengalami oksidasi begitu terkena panas, baik panas matahari maupun panas dari suhu tubuh. Jadi, agar warna foundation tetap bagus di wajah meskipun telah seharian digunakan, pilihlah warna foundation satu tingkat lebih terang dari warna kulit. Baca juga: 5 Tips Makeup ala Wanita Korea untuk Cantik Alami

5. Pilih Jenis Foundation yang Tepat

Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis foundation yang bisa kamu temukan di toko-toko makeup, mulai dari yang cair, krim, stick, sampai tinted. Setiap jenis foundation tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, karena itu kamu disarankan untuk memilih berdasarkan jenis coverage yang kamu butuhkan. Jenis foundation cair atau krim misalnya, lebih cocok digunakan untuk acara yang besar dan penting, karena dapat memberi full coverage. Namun, untuk penggunaan sehari-hari, pilihlah foundation jenis tinted atau BB Cream yang cukup untuk menutupi noda-noda di wajah dan meratakan warna kulit.

6. Sesuaikan dengan Jenis Kulitmu

Selain menyesuaikan dengan warna kulit, kamu juga perlu memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu. Buat kamu yang punya jenis kulit berminyak, sebaiknya jangan pilih foundation yang berbahan dasar berminyak juga. Namun buat kamu yang jenis kulitnya kering, kamu bisa memilih foundation berbahan dasar air atau yang mengandung banyak moisturizer.

Sekarang kalau ingin beli produk perawatan kecantikan seperti makeup, kamu enggak perlu repot-repot lagi keluar rumah, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tinggal order lewat fitur Apotek Antar dan pesananmu akan dikirim dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!