• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tidak Cepat Busuk
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tidak Cepat Busuk

6 Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tidak Cepat Busuk

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Juli 2022

“Sebagian orang saat menerima daging kurban memilih untuk disimpan beberapa waktu sebagai stok. Penting untuk mengetahui cara menyimpannya, mulai dagi menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh, menyesuaikan suhu freezer, hingga meletakkan daging di wadah kedap udara.”

6 Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tidak Cepat Busuk6 Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tidak Cepat Busuk

Halodoc, Jakarta – Cara menyimpan daging kurban sebenarnya hampir sama dengan menyimpan daging yang dibeli di pasar. Namun sebagian orang saat menerima daging kurban kadang tidak langsung dimasak, tapi disimpan untuk beberapa waktu sebagai stok. Untuk itu penting untuk mengetahui cara menyimpan daging kurban agar tahan lama dan kualitasnya tetap baik. 

Lantas, bagaimana cara menyimpan daging kurban agar tidak cepat busuk?

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

Karena daging kurban nantinya akan dikonsumsi, penting untuk menyimpannya dengan baik agar tidak membusuk. Berikut ini cara menyimpan daging kurban agar tahan lama:

  1. Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Daging

Perlu diketahui, kuman-kuman dan mikroba penyebab penyakit atau patogen, bisa pindah dan berkembang biak dengan mudah di daging. Maka itu penting untuk membiasakan cuci tangan sebelum memegang daging segar, sebelum diletakkan di tempat penyimpanan. 

Hindari juga meletakkan daging di tempat kotor, seperti di wadah kotor apalagi di tanah. Apabila daging sudah terkontaminasi, mereka akan berkembang biak hingga membusuk dalam waktu singkat. 

  1. Segera Masak atau Simpan Tanpa Dicuci 

Jika kamu mendapatkan daging kurban dalam keadaan kotor, sebaiknya segera cuci bersih dan masak. Namun jika kamu menerima daging dalam kondisi bersih, dapat disimpan di kulkas tanpa dicuci terlebih dulu. Kemudian saat akan mengolah untuk dimasak, daging yang disimpan harus dicuci terlebih dulu.

  1. Marinasi Daging Sebelum Disimpan Di Freezer

Memarinasi atau membumbui daging kurban sebelum disimpan di dalam freezer bisa jadi cara yang baik. Cara ini juga akan membuat daging tahan lama saat disimpan. Kamu bisa menggunakan bumbu seperti kunyit, garam, gula, dan bawang. Sebab bumbu tersebut mengandung zat antibakteri alami yang mampu membunuh bakteri pada aging.

  1. Letakkan Daging Di Wadah Tertutup

Daging mentah tanpa pengawet biasanya hanya bertahan selama 3 hari di kulkas. Sebaiknya simpan daging dalam pembungkus atau wadah kedap udara. Tapi jangan lupa untuk memberi label tanggal sebelum disimpan ke dalam freezer.

Menyimpan daging dalam freezer akan mempertahankan kesegaran daging dengan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu aktivitas enzim yang menyebabkan pembusukan juga berlangsung lebih lambat. Perlu diketahui juga, daging mentah yang dibekukan dalam freezer dapat disimpan selama 4 sampai 12 bulan, asalkan dikemas atau disimpan dalam wadah kedap udara.

  1. Sesuaikan Suhu Freezer

Menurut Food and Drug Administration (FDA), daging harus disimpan dalam dalam suhu minus 18 derajat celcius dalam freezer. 

  1. Jangan Bekukan Lagi Daging yang Sudah Dicairkan

Melansir NHS, setelah daging dikeluarkan dari kulkas, harus langsung diolah supaya tidak ada sisa yang harus dibekukan lagi. Perlu dicermati, membekukan daging mentah yang sudah dicairkan justru akan membuat kualitas daging menurun. Selain itu, daging juga jadi cepat busuk. 

Itulah sebabnya, sebelum memasukkan daging ke kulkas sebaiknya daging sudah dipotong-potong. Sehingga kamu bisa mengambil daging sesuai kebutuhan yang akan dimasak. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara menyimpan daging kurban agar tidak cepat busuk. Pastikan untuk selalu mengingatnya sebelum menyentuh daging kurban, ya. Karena semua cara di atas sangat penting untuk diingat. Terutama jika kamu berniat untuk menyimpan daging kurban lebih lama dan tidak langsung memasaknya. 

Jika memiliki pertanyaan dan informasi penting lain tentang kesehatan, kamu dapat tanya dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Can I Still Eat It: How to Safely Store Meat
Cookist. Diakses pada 2022. How to preserve fresh meat: rules and tips to make it last long
Real Simple. Diakses pada 2022. This Storage Hack Helps Meat Last Longer