22 January 2018

6 Tips Supaya Anak Enggak Pilih-Pilih Makanan

6 Tips Supaya Anak Enggak Pilih-Pilih Makanan

Halodoc, Jakarta – Trik agar anak tidak pilih-pilih makanan, bagaimana sih? Beberapa ibu mungkin pernah mengalami kesulitan menghadapi Si Kecil yang suka pilih-pilih makanan. Banyak makanan sudah disiapkan, tetapi Si Kecil hanya ingin makan makanan yang ia suka? Jangan khawatir. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan supaya anak enggak pilih-pilih makanan :

1. Perkenalkan Berbagai Macam Makanan

Agar Si Kecil enggak pilih-pilih makanan, ibu bisa memperkenalkan Si Kecil pada berbagai macam makanan. Dengan ini, Si Kecil dapat memiliki banyak pilihan untuk menu makanannya di kemudian hari. Jika mungkin, hindari memberikan makanan yang sama berulang-ulang.

2. Jangan Menyerah dengan Reaksi Si Kecil

Sudah menyiapkan makanan, tetapi Si Kecil tidak mau memakannya? Hal ini mungkin terjadi karena Si Kecil belum mencobanya. Karena itu, abaikan wajah negatif atau apa yang Si Kecil katakan tentang makanan tersebut. Ibu bisa memberikan waktu untuk Si Kecil mengenal dan mencoba makanan tersebut. Si Kecil mungkin akan terkejut dengan rasa makanan yang ia coba, dan mulai menyukainya. Atau, ibu bisa memberikan kembali makanan tersebut saat Si Kecil lapar. Beberapa anak akan lebih fokus untuk mengenyangkan perut, dibandingkan mengomentari makanan yang disediakan saat mereka lapar.

3. Libatkan Si Kecil di Dapur

Sebuah studi menyebutkan bahwa anak-anak yang dilibatkan dalam penyajian makanan di dapur, menjadi lebih antusias saat menikmati makanan tersebut. Ibu bisa melibatkan Si Kecil saat membeli bahan masakan dan menyiapkan makanan di dapur.

4. Sajikan dengan Menarik

Beberapa anak menyukai makanan dengan tampilan yang menarik. Ibu bisa menyajikan menu makanan untuk Si Kecil dengan tampilan yang menarik. Misalkan, jika Si Kecil tidak menyukai sayuran, ibu bisa menyembunyikan sayuran tersebut di dalam tahu goreng atau menu lainnya. Ibu juga bisa menyusun makanan dalam bentuk lucu, seperti wajah, hewan, bunga, dan bentuk lucu lainnya.

5. Sediakan Camilan Sehat

Beberapa anak mungkin menjadi pilih-pilih makanan karena terbiasa makan camilan yang kurang sehat. Ibu bisa menyediakan menu camilan sehat di rumah untuk mengganti camilan kurang sehat yang dibeli Si Kecil di luar rumah. Ibu bisa membuat buah-buahan kering, kue, puding buah, dan menu camilan sehat lainnya.

6. Beri Contoh yang Baik

Anak-anak cederung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Karena itu, ibu bisa memberikan contoh yang baik kepada Si Kecil dengan makan berbagai macam makanan. Jika mungkin, sajikan beragam menu yang berbeda setiap harinya agar keluarga dan Si Kecil terbiasa menikmati menu yang beragam.

Jika ibu punya keluhan dengan pola makan Si  Kecil, ibu bisa bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc lho. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call, dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika Ibu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, Ibu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Ibu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang pada waktu yang sudah ditentukan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Ibu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.