• Home
  • /
  • Inilah Buah Terbaik untuk Jantung Sehat

Inilah Buah Terbaik untuk Jantung Sehat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Inilah Buah Terbaik untuk Jantung Sehat

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu, penyakit jantung dan stroke, masih menjadi "pembunuh" nomor satu di dunia, lho. Pada 2016 saja, data WHO menyebutkan ada sekitar 15,2 juta orang, yang meninggal karena penyakit jantung dan stroke. Tak hanya itu, selama 15 tahun terakhir, kedua penyakit mengerikan itu juga menjadi penyebab utama kematian, di dunia.

Untuk mengurangi risiko penyakit jantung, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah-buahan misalnya. Lantas, buah-buahan apa saja yang baik untuk kesehatan jantung? Yuk simak penjelasan lebih lanjutnya setelah ini!

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Apel hingga Persik

Seperti yang diketahui, buah-buahan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya jantung, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, untuk kesehatan jantung, beberapa jenis buah berikut direkomendasikan untuk dikonsumsi:

1. Apel

Buah bercitarasa manis ini dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, apel juga mengandung polifenol (zat kimia pada tumbuhan), yang memiliki sifat antioksidan. Salah satu jenis polifenol yang terkandung dalam apel adalah flavonoid epicatechin, yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, buah yang baik untuk jantung ini juga mampu mengurangi kadar oksidasi LDL (kolesterol jahat).

2. Pisang

Buah pisang baik untuk kesehatan jantung karena memiliki kandungan kalium. Sebab, kalium dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah jantung. Mengonsumsi satu buah pisang saja setiap harinya, kamu sudah memenuhi sekitar 9 persen dari rekomendasi asupan harian kalium. Selain itu, buah pisang juga kaya akan serat, sehingga bermanfaat juga untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Buah Beri

Kelompok buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi berbagai jenis buah beri, terutama dalam keadaan mentah, diyakini bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Lebih lanjut, zat kimia yang ditemukan dalam buah beri, juga dapat mengatasi peradangan yang memicu tekanan darah tinggi.

Baca juga: 5 Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sehat

4. Melon Jingga

Dikenal juga dengan nama cantaloupe, melon jingga merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air. Saat kamu mengonsumsi buah yang baik untuk jantung ini, tubuh akan terhidrasi. Hal ini tentunya dapat menunjang tugas jantung dalam memompa darah, sehingga terasa ringan. Itulah sebabnya, buah melon jingga masuk ke dalam daftar buah yang baik untuk jantung.

5. Jeruk

Buah yang menyegarkan dan mengandung banyak air ini punya banyak manfaat, lho. Beberapa di antaranya adalah bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, menurunkan kadar kolesterol, hingga memlihara kesehatan jantung. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C, serat, kalium, dan kolin. Semua komponen tersebut sangatlah menyehatkan untuk jantung. Seperti misalnya kalium, yang bisa menghindarkan jantung dari kondisi aritmia (detak jantung yang tidak normal).

6. Kiwi

Kurangilah asupan garam dan tambahkan porsi kalium. Begitulah saran yang diberikan American Heart Association (AHA), untuk jantung sehat. Jika kamu bosan dengan pisang, kiwi bisa menjadi pengganti terbaik. Buah yang dagingnya berwarna hijau ini mengandung kalium yang juga cukup tinggi. Satu buah kiwi mengandung sekitar 215 gram kalium, atau setara dengan 5 persen kebutuhan kalium harian untuk orang dewasa.

7. Pepaya

Sama halnya seperti kiwi, pepaya juga merupakan buah yang kaya akan serat dan kalium, yang bisa menyehatkan jantung. Oleh karena itu, jika sedang mencari buah terbaik untuk kesehatan jantung, jangan sampai melupakan pepaya, ya.

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Jantung, Lakukan 5 Hal Ini

8. Aprikot

Buah kecil berwarna oranye ini mengandung cukup banyak antioksidan, seperti beta karoten, vitamin A, C, dan E. Hebatnya lagi, aprikot juga memiliki kandungan flavonoid, sama seperti apel. Hanya saja, flavonoid pada aprikot, datang dalam bentuk asam klorogenat, katekin, dan kuersetin. Komponen itulah yang menetralkan radikal bebas, sehingga penyakit jantung, dapat dihindari.

9. Persik

Buah persik dapat mengikat asam empedu (senyawa yang diproduksi di hati yang terdiri dari kolesterol), kemudian membuangnya melalui feses. Bersamaan dengan proses itu, kolesterol juga akan dikeluarkan dari tubuh. Tidak heran jika buah persik dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan masuk dalam daftar buah yan baik untuk jantung.

Nah, itulah 9 buah-buahan yang baik untuk kesehatan jantung. Perlu diketahui bahwa untuk bisa memiliki jantung yang sehat, banyak mengonsumsi buah-buahan itu saja tidaklah cukup. Kamu tetap perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi sayuran dan makananan rendah lemak lainnya, serta berolahraga rutin dan istirahat yang cukup.

Jangan lupa juga untuk memeriksaan kesehatan jantung secara rutin, dengan download aplikasi Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit andalanmu, agar tidak perlu lama mengantri. Hebatnya lagi, kamu juga bisa memesan layanan pemeriksaan laboratorium di rumah. Tinggal masukkan alamat dan tentukan waktu, petugas labnya yang akan datang padamu.

 

Referensi:
WHO.Diakses pada 2020. The Top 10 Causes of Death.
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Health Benefits of Apples.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Amazing Health Benefits of Berries.
Livescience. Diakses pada 2020. Oranges Nutrition Facts.