02 March 2018

7 Bumbu Dapur untuk Cantik Natural

7 Bumbu Dapur untuk Cantik Natural

Halodoc, Jakarta – Jangan anggap enteng dengan bumbu dapur yang biasa kamu gunakan untuk memasak, bumbu dapur punya manfaat untuk kecantikan. Ada banyak bumbu dapur yang mengandung antioksidan tinggi antiinflamasi serta nutrisi yang berguna untuk cantik natural.

Berdasarkan penelitian para antropolog, penggunaan rempah-rempah dan bumbu dapur untuk kecantikan sudah sejak lama dilakoni antara 13.000–25.000 SM. Diperkirakan bangsa Mesir, Yunani, Sumeria sudah melakukan tradisi kecantikan natural sejak lama. Dari perkembangan fungsi kecantikan merambah pada ramuan kesehatan. Cantik dan sehat memang sejalan. kan? Yuk, coba cek 5 bumbu dapur untuk cantik natural ini!

  1. Kayu Manis

Selain aromanya yang manis untuk penyedap cookies, kayu manis ternyata antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk meremajakan kulit. Sepotong kayu manis dalam segelas teh hangat setiap hari bisa lebih mencerahkan kulit dan meredakan stres juga.

  1. Bawang Putih

Asam amino pada bawang putih dapat menguatkan folikel rambut sehingga membuat rambut lebih kuat, tebal dan bercahaya. Nutrisi yang kamu makan juga akan berpengaruh pada kesehatan kulit dan rambut dan bawang putih adalah bumbu dapur untuk kecantikan rambut paling praktis. Kamu bisa menyajikannya dalam makanan ataupun mengoleskannya langsung ke akar rambut.

  1. Cabe Rawit

Selain menambah selera makan, ternyata cabe rawit juga salah satu bumbu dapur untuk kecantikan. Marti Wolfson, founder dari MW Culinary Wellness mengatakan kalau cabe rawit dapat memerangi radikal bebas dan mencegah kerusakan kolagen.

  1. Cengkeh

Minyak cengkeh bersifat antimikroba sehingga bisa mengurangi radang jerawat dan menghilangkan bekas jerawat yang biasanya merah kehitaman. Selain itu, cengkeh juga bisa mengusir bau tak sedap mulut.

  1. Garam

Si bumbu dapur yang satu ini tidak hanya bisa memberikan rasa gurih pada makanan tetapi juga di wajah. Garam bisa mengangkat kulit mati dan kotoran kalau kamu mencampurkannya dengan minyak zaitun lalu melakukan scrubbing ke kulit wajah. Untuk melembutkan wajah, kamu juga bisa mencampurkan dua sendok garam ke air panas lalu celupkan handuk hangat kemudian dikompreskan ke kulit wajah selama beberapa menit. Tapi, setelah ini jangan lupa mencuci muka dengan air dingin ya, supaya pori-pori yang terbuka bisa menutup kembali.

  1. Jahe

Tidak hanya enak digeprak lalu dicampurkan ke teh, jahe juga bisa membuat kulit wajah halus dan meredakan radang akibat jerawat membengkak. Caranya, kupas jahe lalu iris tipis dan bagian yang basah digosokkan ke kulit wajah secara teratur. Diamkan beberapa 5-7 menit lalu cuci bersih.

  1. Asam Jawa

Nah, kalau bumbu yang satu ini cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kamu cukup celupkan asam jawa ke dalam air lalu rebus, setelah mendidih diamkan beberapa saat sampai bisa diminum. Untul khasiat yang lebih efisien, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Sebaiknya kamu minum ramuan ini setelah perut terisi, ya.

Setelah ini kamu jadi tahu manfaat bumbu-bumbu dapur untuk kecantikan? Kalau kamu punya pertanyaan lebih jauh mengenai makanan sehat untuk kecantikan atau mungkin kamu merasa alergi dengan makanan tertentu silahkan ajukan di Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat dan langsung terhubung dengan dokter-dokter spesialis di bidangnya.