• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

7 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 September 2022

“Mengatasi hidung tersumbat tidak selalu harus dengan obat. Ada beberapa cara alami yang bisa dicoba di rumah.”

7 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat7 Cara Alami untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Halodoc, Jakarta – Hidung tersumbat bisa sangat mengganggu, karena napas jadi sulit. Ini adalah gejala dari banyak penyakit, termasuk flu dan pilek. Untuk mengatasi hidung tersumbat, ada banyak hal yang bisa dicoba.  Termasuk dengan beberapa perawatan rumahan yang sebenarnya mudah.

Misalnya menghirup uap panas, menggunakan humidifier, dan lain-lain. Mau tahu apa saja penanganan yang bisa dicoba? Yuk simak lebih lanjut! 

Mengatasi Hidung Tersumbat secara Alami

Selain dengan minum obat, kamu juga bisa mengatasi hidung tersumbat secara alami, yaitu:

1. Humidifier

Humidifier adalah alat yang menambah kelembapan udara. Karena udara dingin dan kering dapat membuat kau merasa lebih sesak dan mengganggu drainase sinus sebagaimana mestinya.

Penggunaan humidifier dapat membantu dengan memompa uap air ke udara yang kamu hirup. Ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan kelembapan di hidung dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

Kamu bisa memasang humidifier di siang hari dan juga di malam hari. Namun, memasang pelembap udara saat tidur dapat membantu membuka saluran hidung dan membuat tidur lebih nyaman. Ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Menghirup Uap

Uap adalah cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat, dengan meningkatkan kelembapan udara di sekitarnya. Ini juga dapat membantu mengencerkan dan mengeringkan lendir di hidung dengan lebih mudah.

Caranya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam mangkuk besar, lalu hirup uapnya sambil membungkuk di atas mangkuk dengan handuk di atas kepala.

Cara lainnya adalah dengan minum minuman hangat sambil menghirup uapnya, atau dengan mandi air hangat.

3. Semprotan Hidung Saline

Semprotan hidung saline dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Cairan yang digunakan dalam semprotan ini biasanya mengandung garam dan air. 

Namun, ada pula semprotan hidung yang juga mengandung dekongestan. Penting untuk dicatat bahwa penggunaan semprotan dekongestan yang berkepanjangan dapat menyebabkan efek rebound, atau memperburuknya gejala hidung tersumbat.

4. Kompres Hangat

Kompres hangat juga bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat yang mengganggu. Ini dapat mengurangi peradangan dan membuka saluran hidung dari luar.

Untuk membuat kompres hangat, rendam kain lap atau handuk kecil dalam air hangat, bukan air panas. Peras kelebihan air dari kain, lalu lipat dan letakkan di atas hidung bagian atas dan dahi bagian bawah.

Kehangatan dapat membantu meredakan peradangan di lubang hidung dan sinus dan membuat kamu lebih mudah untuk bernapas. Hindari kompres hangat di wajah terlalu lama untuk mengurangi risiko kulit terbakar.

5. Konsumsi Rempah-Rempah

Makan makanan pedas atau berempah adalah cara umum untuk membantu membuka saluran hidung. Makanan seperti paprika, jahe, dan bawang putih dapat memicu kondisi yang disebut rinitis gustatory. 

Makanan pedas menyebabkan tubuh membuat lebih banyak lendir dan menyebabkan hidung meler. Selain itu, beberapa rempah-rempah seperti jahe dan kunyit memiliki sifat antiinflamasi.

6. Minyak Esensial

Meskipun bukti ilmiahnya terbatas, diyakini bahwa beberapa minyak esensial dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Terutama minyak esensial peppermint, eucalyptus, oregano, dan rosemary.

Minyak ini dapat dikombinasikan dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau jojoba, dan dioleskan ke kulit. Cara lainnya, teteskan minyak ke ke diffuser dan digunakan sebagai aromaterapi.

7. Minum Air yang Cukup

Minum cairan membantu melonggarkan lendir kental yang dapat menyumbat saluran hidung. Saat kamu mengalami hidung tersumbat, cobalah untuk minum air yang cukup atau lebih banyak dari biasanya. 

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat yang mengganggu. Jika kondisi ini tak kunjung membaik, segera download Halodoc untuk berbicara pada dokter melalui chat.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. 7 Natural Remedies for Congestion Relief.
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Ways to Naturally Clear Up Your Congestion.