• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Menghentikan Procrastination agar Lebih Produktif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Menghentikan Procrastination agar Lebih Produktif

7 Cara Menghentikan Procrastination agar Lebih Produktif

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Agustus 2022

“Procrastination dapat menjebak kamu dalam siklus yang menyulitkan. Untuk menghentikannya, coba untuk mendapatkan kembali motivasi.”

7 Cara Menghentikan Procrastination agar Lebih Produktif

Halodoc, Jakarta – Ada kalanya setiap orang merasa malas dan ingin menunda suatu tugas yang harus dikerjakan. Namun, jika hal ini jadi kebiasaan dan mengganggu produktivitas, tentu tidak bisa dibiarkan. Istilah ini disebut procrastination.

Procrastination adalah sebuah fenomena ketika seseorang menunda-nunda pekerjaan penting yang seharusnya diselesaikan. Hingga akhirnya membuat panik saat tenggat waktunya tiba.

Jika tidak segera diatasi, hal ini akan membentuk suatu siklus yang seperti tak ada ujungnya. Akibatnya, ini juga bisa menghalangi kamu untuk mencapai hasil yang lebih besar. Bagaimana mengatasinya, ya? Yuk simak!

Cara Menghentikan Procrastination

Jangan biarkan procrastination mengambil alih hidup kamu. Berikut ini cara yang bisa dicoba untuk menghentikan procrastination atau kebiasaan menunda-nunda:

1. Bagi Pekerjaan Menjadi Langkah-Langkah Kecil

Sebagian alasan seseorang menunda-nunda adalah karena secara tidak sadar, pekerjaan yang dimiliki terlalu membebani. Jadi, cobalah membagi pekerjaan menjadi langkah-langkah kecil pada satu waktu. 

Misalnya, jika kamu sedang menulis sebuah buku, membayangkan harus mengerjakan ratusan lembar tentu terasa melelahkan. Namun, kamu bisa membaginya menjadi beberapa langkah, dan kerjakan satu-persatu. Misal, lakukan dulu riset materi, lalu buat kerangka tulisan dan garis besarnya, dan lanjutkan menulis bab per bab.

2. Ubah Suasana Kerja

Lingkungan yang berbeda memiliki dampak yang berbeda pada produktivitas. Lihatlah meja kerja dan kamar. Apakah membuat kamu ingin bekerja atau justru membuat kamu ingin meringkuk dan tidur? Jika jawabannya yang terakhir, kamu harus mengubah ruang kerja kamu.

Misalnya, jika kamu tidak dapat bekerja di tempat umum karena pergerakan dan kebisingan yang konstan, carilah tempat yang tenang untuk duduk dan fokus. 

Untuk menghindari procrastination dan fokus pada apa yang dikerjakan, cobalah untuk menghilangkan setiap gangguan yang mungkin terjadi dari lingkungan kerja, baik fisik maupun digital.

3. Ingat Tujuan yang Ingin Dicapai

Jika kamu terjebak procrastination, cobalah ingat kembali tujuan hidup yang ingin kamu capai. Renungkan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Lalu sadari bahwa tujuan yang besar tidak bisa dicapai dengan bermalas-malasan.

4. Jangan Membuat Sesuatu Menjadi Terlalu Rumit

Procrastination sering terjadi karena menunggu waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas tertentu. Misalnya karena sedang memikirkan hal-hal, yang mungkin sebenarnya tidak perlu dipikirkan, atau ingin menyelesaikan sesuatu sesempurna mungkin.

Perfeksionisme adalah salah satu alasan terbesar untuk menunda-nunda. Jadi, sebaiknya lakukan saja apa yang bisa dilakukan, tanpa overthinking. Tidak ada hal yang benar-benar sempurna. Perfeksionisme diam-diam hanya akan mengacaukan kamu.

5. Hadiahi Diri Sendiri

Beberapa orang mengatakan bahwa penghargaan bukanlah motivasi yang baik. Namun, memberi hadiah untuk diri sendiri sangat penting. Dengan memberi hadiah pada diri sendiri, kamu akan jadi lebih semangat.

6. Bergaul dengan Orang yang Bisa Menginspirasi

Orang-orang yang bersama kamu dapat mempengaruhi perilaku kamu tanpa disadari. Ini bisa jadi strategi yang efektif untuk menghentikan procrastination dan meningkatkan motivasi kamu untuk produktif.

Cobalah cari orang, teman, atau kolega yang bisa menginspirasi kamu. Misalnya orang yang rajin dan pekerja keras. Lebih seringlah bergaul dan mengobrol dengan mereka.

7. Beri Waktu Istirahat pada Diri Sendiri

Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika kamu kesulitan mengalahkan procrastination. Ingat, kamu adalah manusia yang ada kalanya lelah dan butuh rehat sejenak dari rutinitas.

Faktanya, istirahat justru dapat membantu produktivitas. Saat kamu lelah atau memiliki motivasi yang rendah, istirahatlah. Namun, bukan berarti bisa terus bermalas-malasan, ya. 

Beri diri sendiri setidaknya 15 menit waktu tenang setiap hari untuk kembali fokus dan bersama diri sendiri. Setelah itu, lanjutkan rutinitas dan kerjakan yang perlu dikerjakan.

Itulah beberapa tips menghentikan procrastination. Jika kamu masih mengalami kesulitan, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan psikolog.

Referensi:
Harvard Business Review. Diakses pada 2022. How to Stop Procrastinating.
Life Hack. Diakses pada 2022. How to Stop Procrastinating: 14 Practical Ways for Procrastinators.