• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Menghilangkan Visceral Fat, Penyebab Perut Buncit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Menghilangkan Visceral Fat, Penyebab Perut Buncit

7 Cara Menghilangkan Visceral Fat, Penyebab Perut Buncit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Agustus 2022

“Menghilangkan visceral fat bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Salah satunya dengan olahraga rutin.”

7 Cara Menghilangkan Visceral Fat, Penyebab Perut Buncit7 Cara Menghilangkan Visceral Fat, Penyebab Perut Buncit

Halodoc, Jakarta – Visceral fat adalah lemak yang ada di dalam rongga perut dan menutupi organ internal tubuh. Sulit untuk menilai berapa banyak visceral fat yang dimiliki seseorang. Namun, perut yang membuncit dan pinggang yang besar adalah dua tanda kelebihan lemak ini.

Kabar buruknya, terlalu banyak lemak visceral dapat berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada upaya yang bisa dilakukan untuk menguranginya. Mau tahu? Yuk simak tipsnya!

Begini Cara Menghilangkan Visceral Fat

Kelebihan visceral fat dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi, resistensi insulin, penyakit jantung, dan bahkan kanker tertentu. Oleh karena itu, kadar lemak ini perlu dikurangi, dan bahkan dihilangkan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Olahraga dan Latihan Kekuatan

Latihan yang meningkatkan detak jantung dan membuat kamu berkeringat membantu kamu menurunkan berat badan secara umum. Baik lemak visceral maupun lemak di bawah kulit atau lemak subkutan. 

Kunci untuk menghilangkan lemak jenis ini terletak pada pendekatan yang dikombinasikan. Kamu perlu melakukan olahraga kardio setidaknya 150 menit per minggu sambil menambahkan dua hingga tiga hari per minggu latihan kekuatan seluruh tubuh.

  1. Batasi Asupan Gula Tambahan dan Minuman Berkalori Tinggi

Mengkonsumsi terlalu banyak gula tambahan dikaitkan dengan kelebihan berat badan yang cenderung menumpuk di sekitar pinggang. Minuman manis dan minum terlalu banyak jus buah kemasan yang dikira sehat pun bisa sangat berbahaya. Jadi, perhatikan berapa banyak kalori cair yang kamu konsumsi dan cobalah untuk menguranginya.

  1. Kelola Stres dengan Baik

Jika kamu merasa stres, tubuh kemungkinan akan melepaskan hormon stres kortisol ke dalam aliran darah. Meskipun hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, ada hubungan kuat antara peningkatan kortisol dan jumlah visceral fat yang lebih tinggi.

Lakukan yang terbaik untuk menghilangkan stres jika ingin mengurangi lemak perut ini. Melakukan yoga, meditasi, terapi dan aktivitas fisik, adalah beberapa cara untuk mengurangi tingkat stres.

  1. Makan Lebih Banyak Serat

Makan makanan tinggi serat dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Terutama yang mengandung serat larut dalam jumlah tinggi. Ini dapat memperlambat perjalanan makanan dari lambung ke usus dengan melarutkannya dalam air dan membentuk gel bergetah.

  1. Batasi Konsumsi Alkohol

Orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol berisiko memiliki banyak lemak visceral. Minuman beralkohol mengandung gula dalam jumlah tinggi, sehingga bisa meningkatkan asupan kalori berlebihan.

  1. Perbanyak Konsumsi Protein

Pastikan kamu menambahkan protein ke menu makan sehari-hari. Pilihannya termasuk daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan. Protein membantu kamu tetap merasa kenyang, menurunkan kadar hormon lapar, dan bahkan membantu kamu makan lebih sedikit saat makan berikutnya.

  1. Tidur yang Cukup

Tidur malam yang berkualitas sangat penting. Ini dapat mengoptimalkan sistem kekebalan, meningkatkan suasana hati dan produktivitas. Ketika berbicara tentang lemak visceral dan penurunan berat badan, tidur dapat memengaruhi ghrelin dan leptin, hormon perangsang nafsu makan.

Jadi, pastikan untuk tidur yang cukup setiap harinya, minimal 7 jam untuk orang dewasa. Prioritaskan tidur dengan mematikan semua benda elektronik satu jam sebelum waktu tidur dan cobalah memiliki waktu tidur dan bangun yang konsisten. 

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan visceral fat. Jika kamu memerlukan konsultasi lebih lanjut dengan ahlinya, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Visceral Fat.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 10 Ways To Get Rid of Belly Fat for Good.
Healthify Me. Diakses pada 2022. Healthy Ways to Get Rid of Visceral Fat.