22 March 2018

7 Hal yang Bantu Perkembangan Otak Janin

7 Hal yang Bantu Perkembangan Otak Janin

Halodoc, Jakarta -  Memiliki anak yang jenius bisa jadi menjadi idaman kebanyakan orangtua. Jadi tak heran kalau orangtua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya agar kelak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas. Nah, persiapan untuk memiliki anak pintar bisa kamu lakukan sejak dirinya masih berada dalam kandungan, lho. Cara-cara di bawah ini akan membantu kamu untuk mengembangkan otak janin. Yuk, simak tips-tipsnya menurut para ahli.

  1. Berbicara Dengan Janin

Berdasarkan studi dari Harvard Medical School, berbicara dengan bayi yang masih dalam kandungan, bisa meningkatkan kemampuan bahasa mereka di kemudian hari. Kata ahli, suara ibu adalah pengalaman sensorik pertama bayi saat mereka berkembang di dalam rahim. Selain itu, bayi pun bisa merasakan detak jantung dan mendengar kata-kata seorang ibu. Peneliti berteori, suara ibu bisa memberikan kebugaran pendengaran pada bayi yang baru lahir. Nah, hal ini diperkukan Si Kecil untuk membentuk area otak yang berfungsi dalam perkembangan pendekaran dan bahasa.

  1. Dengarkan Musik

Banyak yang bilang kalau musik bersifat universal, artinya musik bisa diterima oleh semua orang.  Terlepas betul-tidaknya pendapat tersebut, ternyata bayi yang masih berada di dalam perut Ibu pun juga menyukainya, lho. Melansir BBC, kata ahli musik bisa membangun jembatan saraf di otak bayi. Selain itu, menurut ahli dari University of Houston, AS, indera seseorang terhadap lagu, bisa membantu orang tersebut untuk belajar, membaca, berbicara bahkan menjalin pertemanan.

Ibu enggak perlu menggunakan earphone khusus untuk ditempatkan di atas perut. Karena ibu bisa mendengarkan musik ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan kata lain, musik yang membuat perasaan ibu tenang, pada akhirnya juga berpengaruh pada janin.

  1. Merangsang Janin Lewat Cahaya

Mengembangkan otak janin juga bisa kamu lakukan dengan cara sederhana ini. Studi dalam jurnal  American Academy of Child & Adolescent Psychology, mengatakan, cahaya redup juga bisa merangsang bayi di dalam perut ketika diletakkan dekat dengan perut Ibu. Namun, yang perlu diingat, ibu jangan memberikan cahaya terlampau terang pada bayi, sebab hal itu bisa membahayakan mata bayi di dalam perut. Nah, ibu bisa melihat responnya ketika merasakan adanya gerakan seperti tendangan kecil dari dalam perut.

  1. Lewat Sentuhan

Enggak cuma bayi yang sudah lahir saja yang membutuhkan sentuhan seorang ibu. Mengusap dan menyentuh perut ibu ternyata bisa membuat bayi merasa nyaman di dalam kandungan. Nah, ini bisa menjadi cara lain untuk merangsang perkembangan otak janin.

  1. Olahraga

Manfaat olahraga bagi ibu hamil enggak cuma membuat bayi sehat saja, juga bisa mengembangkan otak janin sehingga membuat bayi terlahir sebagai anak yang cerdas. Menurut studi dari Universite de Montreal, olahraga sedang 20 menit selama tiga kali seminggu selama kehamilan, bisa membantu perkembangan otak bayi. Selain itu, kata ahli dalam American Academy of Pediatrics, ibu hamil yang rajin berolahraga  akan memiliki anak dengan tingkat IQ yang lebih tinggi. Kok bisa?

Ternyata saat berolahraga jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga oksigen yang diterima Si Kecil dalam kandungan jadi lebih banyak dan maksimal. Di samping itu, para ahli juga menduga bahwa ibu yang berolahraga akan menghasilkan berbagai zat kimia yang berhubugan dengan kesehatan otak bayi.

  1. Membacakan Buku

Meski bayi belum mengerti cerita apa yang dibacakan, tapi kegiatan ini bisa merangsang pertumbuhan otak janin. Kata ahli, membaca di malam hari bisa membantu ibu mengeluarkan hormon baik yang meningkatkan kerja otak janin.

  1. Makanan Bergizi

Yang satu ini, enggak bisa dipungkiri dampaknya bagi kesehatan dan perkembangan otak bayi. Menurut ahli dari University of Minnestoa, nutrisi dan pertumbuhan otak janin sangat berpengaruh. Dalam jurnal  The American Journal of Nutrition, asupan nutrisi yang buruk bisa menimbulkan masalah pada otak janin. Mulai dari masalah visual, pendengaran, hingga memori. Makanya, ibu harus rajin-rajin mengasup makanan bergizi untuk kesehatan ibu dan janin, ya.

Nah, kalau ibu mau tahu lebih jauh mengenai cara mengembangkan otak janin secara maksimal, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah ini. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.