08 July 2018

7 Langkah Atasi Belekan pada Mata Anak

mengatasi belekan pada mata anak

Halodoc, Jakarta- Belekan adalah sebutan lain untuk kotoran mata yang muncul akibat bercampurnya air mata dengan debu dan kotoran. Belekan biasanya muncul pada sudut dalam mata, saat anak terbangun dari tidur. Semakin banyak jumlah debu atau kotoran yang ada pada mata, semakin banyak pula belek yang mungkin terbentuk.

Baca juga: 4 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak

Belekan pada Anak

Mata belekan pada anak adalah hal yang wajar. Ini karena kelenjar air matanya belum bekerja sempurna, di mana katup air mata pada anak (terutama bayi) masih tertutup pada saluran air mata yang menghubungkan air mata dengan rongga hidung. Sumbatan ini menyebabkan air mata yang diproduksi tidak bisa mengalir ke rongga hidung, sehingga memunculkan genangan di saluran yang terhambat dan membuat belek menumpuk pada mata. Selain itu, belekan pada mata anak juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri dan virus serta alergi.

Ada dua jenis belek pada mata, yaitu yang basah dan lengket atau pun kering. Jika munculnya tidak berlebihan, belekan tidak menjadi suatu kelainan atau masalah gangguan kesehatan. Namun, belek juga bisa muncul sangat banyak hingga memenuhi bulu mata dan membuat mata sulit terbuka. Kondisi ini sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Sebab, belekan pada anak umumnya bisa membaik dalam beberapa hari hingga minggu.

Tips Mengatasi Belekan pada Mata Anak

Jika belekan disertai gejala fisik, sebaiknya segera periksakan kondisi mata anak agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Misalnya, belekan membuatnya sering rewel, mata bengkak, mata tidak bisa membuka, mata silau saat terkena cahaya, mata merah, belekan berwarna hijau, atau belekan tidak membaik setelah ia berusia 1 tahun. Pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui penyebab mata belekan dan cara penanganan yang tepat.

Ibu bisa mengatasi belekan pada mata anak dengan memberikan obat tetes mata atau salep mata sesuai dengan anjuran dokter. Sebagai langkah awal, bila kondisinya belum terlalu parah, ibu bisa mengatasi belekan pada mata anak dengan melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

  1. Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah membersihkan belek.
  2. Bersihkan belek menggunakan kasa steril yang telah dibasahi air matang.
  3. Bersihkan secara satu arah, yaitu dari arah samping ke pangkal hidung.
  4. Ganti kasa dengan yang baru setiap akan mengusap mata anak yang belekan.
  5. Bersihkan belek setiap kali belekan muncul supaya anak tidak rewel dan merasa nyaman.
  6. Pijat ujung mata anak yang dekat hidung dengan lembut untuk melancarkan saluran air matanya.
  7. Berikan ASI sesering mungkin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga ia bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan Mata Anak?

Jika belekan pada mata anak terus saja muncul, sebaiknya ibu segera berbicara dengan dokter mata di Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter mata tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Selain itu, ibu juga bisa membeli obat tetes mata atau vitamin yang dibutuhkan tubuh melalui fitur Pharmacy Delivery pada aplikasi Halodoc. Ibu hanya perlu memesan obat tetes mata atau vitamin yang dibutuhkan, lalu tunggu hingga pesanan datang. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.