24 October 2018

7 Makanan Penyebab Suara Serak

7 Makanan Penyebab Suara Serak

Halodoc, Jakarta - Biasanya, suara serak terjadi ketika kamu sedang batuk atau flu. Kondisi ini terjadi karena peradangan pada laring atau saluran napas yang menyerang bagian pita suara. Pita suara memiliki struktur yang saling terhubung dengan laring. Peradangan ini kemudian disebut dengan laringitis. Selain batuk dan flu, menghilangnya suara bisa terjadi karena radang tenggorokan, demam, hingga sakit paru-paru.

Namun, ternyata parau atau seraknya suara bisa terjadi karena konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan ini yang memicu terjadinya peradangan pada bagian saluran napas. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi makanan berikut ini.

Gorengan

Gorengan memang menjadi penyebab terjadinya banyak gangguan kesehatan. Terlalu banyak konsumsi gorengan tak hanya membuat suara menjadi serak, tetapi juga kolesterol, obesitas, dan darah tinggi. Terlebih jika minyak goreng yang digunakan tidak bersih, pasti kamu langsung terkena radang tenggorokan dan batuk.

Makanan Terlalu Asin atau Gurih

Makanan gurih terasa sangat lezat. Namun, ternyata makanan yang terlalu asin atau gurih mudah membuat suara menjadi serak. Kondisi ini menyebabkan mengeringnya pita suara dan membuat elastisitasnya berkurang. Garam memiliki kemampuan untuk menyerap cairan tubuh, sehingga kamu mudah haus jika mengonsumsi makanan asin. Sebaiknya, imbangi dengan banyak minum air putih.

Makanan Bersantan atau Berlemak

Santan tidak pernah baik untuk tenggorokan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Selain gorengan, makanan bersantan harus kamu hindari karena bisa memicu sakit tenggorokan, karena di dalamnya terkandung minyak. Terlebih jika makanan bersantan yang kamu santap diolah dengan tambahan minyak goreng.

Makanan Pedas

Tidak sedap rasanya makanan yang tidak terasa pedas. Ya, mayoritas orang Indonesia begitu menggemari makanan pedas. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa makanan yang terlalu pedas juga mampu membuat tenggorokan mudah mengalami peradangan. Inilah mengapa penyanyi menghindari konsumsi makanan pedas, terlebih ketika akan menggelar konser.

Hasil Olahan Produk Susu

Susu dan produk olahannya tak pernah lepas dari menu yang kita santap sehari-hari, terlebih ketika sarapan. Namun, konsumsi yang berlebihan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk tenggorokan kamu. Pasalnya, produk susu menyebabkan produksi lendir yang berlebihan pada tenggorokan, sehingga kamu mudah serak dan terserang batuk berdahak. Jadi, sebaiknya konsumsi secukupnya saja.

Kacang-Kacangan

Kacang menjadi camilan yang banyak dipilih untuk menemani aktivitas. Namun, terlalu banyak mengonsumsinya dapat membuat tenggorokan mudah gatal yang berdampak pada suara serak dan batuk. Inilah alasan kamu yang rentan terserang batuk sebaiknya menghindari konsumsi kacang-kacangan terlalu banyak.

Makanan atau Minuman Dingin

Minum es pasti terasa segar di tenggorokan terlebih jika cuaca sedang panas terik. Meski begitu, ternyata makanan atau minuman bersuhu terlalu rendah dapat membuat tenggorokan cepat kering. Akibatnya, pita suara mudah kehilangan kelenturannya dan suara menjadi serak.

Itu tadi beberapa makanan yang harus kamu hindari agar tidak mengalami suara serak. Menjaga kesehatan itu penting, terlebih dengan masuknya musim hujan yang membawa penyakit musiman, seperti flu, demam, dan batuk. Kalau kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc dan menanyakan langsung pada dokter. Aplikasi Halodoc ini bisa kamu download di Play Store dan App Store.

 

Baca juga: